layanan

Cara Mudah Membasmi Hama Pada Tanaman Cabe

Cara Mudah Membasmi Hama Pada Tanaman Cabe

Sahabat dunia kita pada artikel kali ini kita akan membahas Cara Mudah Membasmi Hama Pada Tanaman Cabe Berikut penulis sampaikan Penyakit tanaman cabe yang di sebabkan oleh hama ulat dan virus cara mencegah dan mengobati.

a.    Trips

Cara  Mudah Membasmi Hama Pada Tanaman Cabe
trips
Hama trips berbentuk Ramping, sangat kecil dan  berwarna putih, kuning, coklat atau hitam. Daun yang terkena sering terdistorsi dan melengkung ke atas. Permukaan bawah daun dapat mengembangkan kilau keperakan yang kemudian berubah menjadi perunggu. Kerusakan pada polong tampak seperti coklat atau perak.
Adapun cara mencegah hama trips dengan membersihkan gulma disekitar tanaman cabe, dan melakukan rotasi dengan tanaman lain.
Untuk mengendalikan hama ini dapat digunakan campuran sabun colek dengan minyak tanah, untuk pengendalian dengan kimia bisa mengunakan obat dengan kandungan abemextin.

      b.   Siput

hewan ini bisa mengubah deretan bibit kita menjadi tunggul tak berguna dalam semalam . Siput adalah hermaprodit (mereka dapat kawin dengan diri mereka sendiri) dan dapat menghasilkan lusinan telur beberapa kali dalam setahun. Gugus telur terlihat seperti tumpukan jelly keputihan dan menetas di mana saja dari 10 hingga 24 hari setelah bertelur. Cara mengatasi siput dengan menggunakan pita tembaga / tikar di sekitar tanaman.
Jika sudah tidak terkendali bisa mengunakan pelet sejenis kimia pembunuh siput.

c.     Tunggau

HAMA TANAMAN CABE
Bisa menjadi masalah serius terutama selama periode cuaca panas dan kering. Mereka memakan bagian bawah daun dan mata telanjang terlihat seperti titik merah kecil yang bergerak. Ketika infestasi tinggi, daun akan memiliki jaring di atasnya. Jika tidak terkontrol, tungau ini akan membunuh tanaman. Daun yang terinfeksi sering kali menghadap ke bawah dan daun memiliki tampilan yang berbintik-bintik. Teknik sederhana untuk mengidentifikasi tungau laba-laba adalah dengan mengetuk daun yang mungkin terinfeksi di atas selembar kertas putih, menunggu beberapa detik dan mencari gerakan. Hama kecil yang menjijikkan ini berkembang biak di tempat yang panas dan kering. Jika Anda dapat meningkatkan kelembaban di sekitar tanaman, Anda akan mengurangi tingkat reproduksi tungau. Untuk tanaman rumahan Anda bisa menyemprot dengan air untuk meredam daun yang terinfeksi, atau Anda juga bisa menempatkan pot tanaman di ruang yang lebih dingin dan lebih lembab (seperti kamar mandi), yang dapat membantu menyingkirkan kutu. Ada juga berbagai semprotan kimia yang dapat Anda gunakan dengan kandungan abemextin.
Baca obat alami daun cabe keriting buatan sendiri

      d.  kutu daun


HAMA TANAMAN CABE
kutu daun
sobat duniakita.co.id Kutu daun Umumnya berwarna hijau meskipun Ada juga dalam warna pink. Mereka sangat tertarik pada tunas muda, mengisap tanaman kering yang menyebabkan tunas dan daun menjadi terdistorsi. Biasanya kutu daun bersembunyi di belakang daun dan di sela pelepah daun.
Ada beberapa Cara mengendalikan kutu daun diantranya dengan lalat predator yang disebut aphidius. Metode efektif lainnya dari pengendalian hama adalah menggosok hama secara manual dengan campuran sabun dan air yang diencerkan, sekitar satu sendok teh peri cair hingga 2 liter air Dan cara lain bisa dengan mengunakan ekstisida .
 BACA JUGA penyakit tanaman cabe yang di sebabkan oleh jamur dan bakteri
e.         Ulat grayak
HAMA TANAMAN CABE
ulat grayak
Ulat Grayak Memiliki Berbagai Jenis Dan merupakan musuh Yang Banyak Merusak Tanaman cabe Biasaya Ulat Grayak Ini Di Hasilkan Oleh Telur Serangga Yang Berfoto Sentesis. Ulat grayak dapat mengangu bagian batang, daun, dan buah tanaman. Untuk mengurangi Populasinya kita harus Membersihkan Lahan budidaya kita Dan melakukan Penyemprotan Ekstisida.

      f. Lalat buah


HAMA TANAMAN CABE
lalat buah
Serangan lalat buah (Bactrocera dorsalis) pada tanaman cabe menyebabkan busuk buah. Buah cabe tidak sempat dipanen karena keburu busuk. Pada buah yang terserang apabila di belah terdapat larva lalat. Bila tidak dibersihkan, larva pada buah cabe yang rontok akan menjadi pupa di dalam tanah, sehingga siklus serangan akan terus berulang.
Pengendalian teknis. Pungut dan kumpulkan buah cabe yang rontok, kemudian musnahkan dengan cara membakarnya. Hal tersebut penting, agar lalat tidak menjadi pupa yang bisa bersemayam di dalam tanah. Lalat buah biasa juga menyerang jenis buah-buahan lain seperti belimbing, pisang, jeruk, dll. Jadi hindari membudidayakan tanaman cabe berdekatan dengan kebun buah.
Pengendalian kimiawi. Bisa menggunakan perangkap lalat dengan menggunakan atraktan yang mengandung methyl eugenol. Teteskan obat tersebut pada kapas dan masukkan pada botol bekas air mineral. Pemasangan perangkap bisa dilakukan setelah umur tanaman cabe satu bulan. Bila serangan parah, semprot dengan insektisida pada pagi hari, ketika daun masih berembun dan lalat belum berkeliaran.
Demikian  artikel tentang Cara  Mudah Membasmi Hama Pada Tanaman Cabe penyakit tanaman cabe juga di sebabkan oleh jamur dan bakteri. dan jangan lupa baca juga teknik dan cara budi daya tanaman cabe untuk mengetahui cara budi daya cabe. semoga bermamfaat.
. 

Post a Comment

0 Comments