layanan

Hal Penting Dalam Pemupukan Pada Tanaman Cabe


Sahabat dunia kita pada artikel "budi daya cabe" kali ini kita akan membahas Hal Penting Dalam Pemupukan Pada Tanaman Cabe Pemupukan pada tanaman cabe merupakan hal yang amat penting yang harus di perhatikan oleh Seoarang petani cabe, karena sangat mempengaruhi hasil. kesalahan dalam pemupukan dapat menyebabkan berkurang nya hasil, Penyakit Pada Tanaman Cabe, bahkan kegagalan Dalam bertani cabe. Berikut ada beberapa poin yang harus di perhatikan dalam sistim pemupukan :
Hal Penting Dalam Pemupukan Pada Tanaman Cabe

·         Keadaan tanah

Dalam pemupukan seorang petani harus mengetahui Kadar dan PH tanah lahan yang digunakan, kadar yang terkandung di dalam tanah yang merupakan unsur yang di butuhkan oleh tanaman yang terdiri dari unsur yang terkandung di dalam tanah yang terdiri dari unsur makro (nitrogen, kalium, dan fosfat dll) dan unsur mikro (seng,magnesium,boron dll), kadar atau sering di sebut dengan tingkat kesuburan tanah  di pengaruhi oleh umur produksi atau keseringan tanah digunakan. Adapun ph tanah adalah merupakan tingkat keasaaman tanah pertumbuhan tanaman sangat di pengaruhi oleh tingkat keasaman tanah. Tanah yang terlalu asam atau basa tidak cocok untuk tanaman cabe ph yang cocok untuk tanaman cabe berkisar antara 6,5 sampai dengan 7. Mengukur Tingkat Keasaman Tanah harus dilakukan sebelum pemberian pupuk.

·         Ketinggian

Banyak diantara petani yang mengankap Tingkat ketinggian dari lokasi pertanian tidak mempengaruhi pemupukan sehingga ada sebagian dari petani cabe mengambil refrensi pemupukan dari kawan petani lain yang sukses padahal berbeda tingkat ketingian lahan sehingga pada saat diterapkan tidak sesuai dengan hasil yang diharapkan. ketinggian akan berpengaruh terhadap suhu dan cuaca sehingga suhu dan cuaca mempengaruhi kandungan udara dan air di lokasi pertanian kita sehingga pemukan harus kita sesuaikan dengan mempertimbangkan hal terebut.

·         Kebutuhan tanaman

Saat pemupukan harus disesuaikan dengan kebutuhan tanaman dalam hal ini penulis menekankan penyesuaian terutama di lakuakan saat pemupukan susulan atau pengecoran. KEBUTUHAN PADA SAAT PERTUMBUHAN VEGETATIF KEBUTUHAN TANAMAN BERBEDA SAAT PERTUMBUHAN GENERATIF. Oleh sebab itu Kadar Pupuk Saat Pengecoran harus disesuaikan dengan kebutuhan tanaman.

·         Cara pemupukan

Ada dua cara penyuplaian pupuk kepada tanaman cabe yaitu pupuk dasar dan pengecoran. Pupuk dasar di berikan sebelum pemasangan mulsa sedangkan pupuk susulan di berikan pada saat tanaman umur 2 minggu sampai panen.

·         Kadar dan kandungan pupuk

Seorang petani cabe harus paham tentang KANDUNGAN PUPUK yang di gunakan karena begitu banyak pupuk yang beredar saat ini dengan kandungan yang sama akan tetapi kadar  yang berbeda. Perlu penulis sampaikan bahwa kadar dan kandungan itu berbeda kadar merupakan nilai ukuran sedangkan kandungan merupakan unsur di dalam pupuk seperti contoh NPK 16 16 16 (NPK=kandungan sedangkan 16,16,16 = kadar).
Demikian sahabat duniakita.co.id artikel tentang hal penting dalam pemupukan tanaman cabe sahabat juga bisa melihat artikel-artikel lain untuk mengetahui lebih jauh mengenai sistim pemupukan tanaman cabe dengan mengklik link yanga ada pada artikel ini. Semoga artikel ini bermamfaat buat kita semua kalau ada pesan kritik dan saran yang membangun sahabat bisa tulis di kolom komentar terimakasih.

Salam Sukses Bertani


Post a Comment

0 Comments