layanan

7 SERANGAN JAMUR PALING BERBAHAYA PADA TANAMAN CABE

sahabat Dunia Kita pada artikel "budi daya cabe" kali ini kita akan membahas 7 SERANGAN JAMUR PALING BERBAHAYA PADA TANAMAN CABE
Tanaman cabe memiliki banyak sekali  hama penganggu dan sangat rentan terhadap penyakit yang dapat mengakibatkan kegagalan dalam budidaya, agar mempermudah pembaca secara umum penulis akan membagi rincian pada artikel ini menjadi 2 bagian.
2.     Penyakit tanaman cabe yang di sebabkan oleh hama ulat dan virus, cara mencegah dan mengobati
Berikut rincian dan penjelasan :

Penyakit tanaman cabe yang di sebabkan oleh jamur cara mencegah dan mengobati
a.      Rebah semai
ada beberapa penyebat bibit atau tanaman cabe terkena rebah semai seperti kualitas benih yang buruk, kedalaman penanaman yang tidak tepat, konsentrasi garam yang tinggi, tempat tidur benih basah atau kesulitan nutrisi yang parah. Bibit gagal muncul (pre-emergence damping-off), keruntuhan kecambah kecil (post-emergence damping-off) atau bibit yang kerdil (busuk akar atau pembusukan kerah).adapun cara mencegah cabe terkenarebah semai ventilasi yang baik di sekitar tanaman membuat bedengan sesuai dengan keadaan lahan.
BACA Obat Daun Cabe Keriting Kuning Dan Rontok


Jika tanaman kita sudah terkena rebah semaisolusi yang dapat kita lakukan dengan menganti atau mencabut tanaman yang terkena dan menyemprot tanaman dengan  Fungisida berbahan dasar tembaga.
b.      Busuk batang
penyakit tanaman cabai


Busuk batang disebabkan oleh jamur Sclerotinia sclerotiorum. Ini menyebabkan kerusakan atau pembusukan bagian tanaman di atas atau di bawah tanah. Pada awalnya area yang terkena tanaman memiliki penampilan hijau gelap, berminyak atau basah. Pada batang, lesi mungkin berwarna coklat sampai abu-abu.
Cara mencegah tanaman kita agar tidak terkena busuk batang denganmengurangi pengunaan pupuk dengan kadar nitrogen tinggi seperti Urea da Za tambahkan dosis pupuk dengan kadar posfat dan kalium seperti SP dan KCL Kontrol termasuk tanah yang dikeringkan dengan baik, jarak tanam yang tepat, rotasi tanaman
jika tanaman kita sudah terserang segera di cabut dan di bakar karena dapat menular kepada tanaman lainnya, semprot tanaman denganmengunakan fungisida berbahan mengozep, prepindep, simaksonil, klorotonil atau tembaga.
c.       Busuk daun dan pucuk
penyakit tanaman cabai


 Busuk kuncup atau busuk daun disebabkan oleh cendawan Choanosearum sp.. Gejalanya, kuncup tanaman berwarna hitam dan lama kelamaan mati.
Penyakit ini bisa dikendalikan dengan mengurangi dosis pemupukan nitrogen seperti urea dan ZA. Kemudian mengatur jarak tanam agar sirkulasi udara berjalan lancar. Tanaman yang terinfeksi sebaiknya dicabut dan dibakar. Penyemprotan bisa dilakukan dengan fungisida, mengozep, prepindep, simaksonil, klorotonil atau tembaga.
BACA OBAT ALAMI DAUN CABE KERITING BUATAN SENDIRI
d.      Layu bakteri
penyakit tanaman cabai


 Layu bakteri Disebabkan oleh jamur Verticillium dahliae, itu adalah jamur tanah yang dapat menginfeksi tanaman cabe pada setiap tahap pertumbuhan. Pada musim penghujan dengan tekanan suhu rendah virus ini sangat cepat berkembang . adapun gejla tanaman yang terserang menunjukkan daun menguning dan pertumbuhan terhambat. Ketika penyakit berkembang, tanaman dapat meninggalkan dedaunan dan akhirnya mati. Jika batang dipotong, warna coklat dapat terlihat.  Cara mencegah tanaman terserang dengan melakukan rotasi tanaman mengolah lahan dengan tepat seperti bedengan dan jarak tanam.
      Jika tanaman terserang semprotkan dengan fungisida dan bisa juga lewat kecoran dengan pupuk memiliki kandungan pospat dan kalium tinggi.
e.      Busuk buah
      Busuk buah ada 2 penyebabnya disamping lalat buah, busuk buah juga Disebabkan oleh bakteri Erwina carotovora pv. Carotovora. Jaringan internal melunak sebelum akhirnya berubah menjadi massa berair dengan bau busuk. Masalah ini lebih buruk ketika musimhujan Cara mencegah busuk buah ini dengan Menjaga tanaman dan kebersihan lahan, mengambil semua buah yang busuk dan membasminya dan mengendalikan serangga dengan mengunakan lem perangkap atau dengan melakukan penyemprotan ektisida, Selain hal di atas sistim pemupukan dan pengairan sangant mempengaruhi.
f.        Petek
penyakit tanaman cabai
Penyakit petek disebabkan oleh jamur Colletotrichum piperatum dan C.capsisi dan dipromosikan oleh suhu hangat, kelembaban tinggi dan sirkulasi udara yang buruk antar tanaman. Meskipun penyakit ini tidak mempengaruhi pertumbuhan polong, ia dapat merusak polongnya sendiri. Gejala muncul di kedua polong matang dan tidak matang dan ditandai oleh cekung, bintik melingkar yang dapat tumbuh hingga 1 inci dengan diameter. Dalam kondisi lembab, massa spora merah muda atau kuning dapat muncul. Rotasi tanaman dan penggunaan benih bebas penyakit mengendalikan jamur ini. Keluarkan polong yang terkena, jika gangguannya parah, mungkin diperlukan fungisida berbahan tembaga, mengozep, simaksonil dan klorotonil.

Demikian penyakit tanaman cabe yang disebabkan oleh bakteri dan jamur selain itu penyakit tanamancabe juga di sebabkan oleh virus dan ulat. dan jangan lupa baca juga teknik dan cara budi daya tanaman cabe untuk mengetahui cara budi daya cabe. 




Post a Comment

0 Comments