SPONSOR

header ads

PENYAKIT YANG DISEBABKAN CURAH HUJAN TINGGI PADA TANAMAN CABE CARA MENCEGAH DAN MENGATASI.

PENYAKIT YANG DISEBABKAN CURAH HUJAN TINGGI PADA TANAMAN CABE CARA MENCEGAH DAN MENGATASI.
PENYAKIT YANG DISEBABKAN CURAH HUJAN TINGGI
duniakita.co.id
             Sahabat Dunia Kita musim Penghujan merupakan Tantangan tersendiri bagi seorang Petani Cabe karena Intensitas hujan yang Cukup Tinggi kadang-kadang membuat Tanaman Cabe kita terserang penyakit berikut Penyakit PadaTanaman Cabe yang disebabkan curah hujan tinggi:

1.       Busuk batang

Penyakit busuk batang disebabkan oleh jamur  Phytophthora capsici yang menyerang tanaman cabe gejala penyakit ini tampak di bagian pangkal cabang atau ranting tanaman yang menghitam lalu membusuk. 

2. Busuk daun /pucuk

Serangan penyakit ini disebabkan serangan jamur Choanosearum sp dengan gejala kucup menghitam lalu membusuk.
3.       Layu
Ada beberapa penyebab penyakit Layu yaitu serangan Jamur Fusarium sp., Verticilium sp. dan Pellicularia sp.  Gejala dapat di lihat dari bentuk daun yang hijau ke kunigan lalu layu dan mati.

3. Busuk buah

Ada 2 penyebab utama busuk buah yaitu serangan lalat buah dan bakteri. Ciri buah yang terserang berwarna kuning pada bagian tangkai buah atau ujung buah untuk serangan lalat akan kelihatan bekas suntikan pada bagian buah.
BACA JUGA Sistim Budi Daya Cabe Dengan Benar.

4. Antraknosa

Penyakit ini disebabkan oleh Jamur Colletotricum capsici dan jamur Gloeosporium sp. Serangan Jamur Ini Menyerang Pada Buah Yang Sering Juga Di Sebut Petek/Goreng. Selain itu juga menyerang bagian buah sehingga kelihatan bercak.
Nah sahabat dunia kita setidaknya ada 5 penyakit pada tanaman cabe  yang di sebabkan curah hujan yang tinggi. berikut Cara mencegah dan mengatasi penyakit yang timbul pada tanaman cabe saat musim hujan
  •         Membuat sistim pengairan yang baik dengan meningkatkan kedalaman bedengan sehingga air mudah turun.
  •  Gunakan bibit yang baik dan tahan terhadap curah hujan dan serangan jamur
  •  Mengunakan mulsa plastik hitam silver agar air tidak memenuhi pematang cabe dan juga meningkatkan intesitas cahaya terhadap tanama Jarak tanam yang tepat 60cm-70cm antar tanaman agar sirkulasi udara menjadi mudah
  • Membersihkan gulma/tanaman pengangu.
  • Mengurangi pengunaan pupuk Nitrogen seperti Urea dan Za dan sejenisnya yang kandungan nitrogenya tinggi.
  • Tambahkan kandungan Kalcium agar Tanaman menjadi tahan.
  •  Lakukan penyemprotan dengan Menggunakan Fungisida dengan Dosis yang lebih banyak dari biasanya dan Rentan waktu menyemprotan didekatkan.
Sahabat Dunia Kita  itulah Penyakit Yang Disebabkan Curah Hujan Tinggi Pada Tanaman Cabe serta Cara Mencegah Dan Mengatasinya. untuk mencegah penyakit tanaman cabe kita bisa melakukan nya dengan melakukan Sistim Budi Daya Cabe Dengan Benar. Semoga Artikel ini bisa bermamfaat Sahabat juga bisa melihat artikel-artikel lain untuk mengetahui lebih jauh mengenai sistim budidaya tanaman cabe dengan mengklik link Daftar Artikel Tentang Budi Daya Cabe yang ada pada artikel ini. Semoga artikel ini bermamfaat buat kita semua, jika sahabat memiliki pesan, kritik, dan saran yang membangun sahabat bisa tulis di kolom komentar terimakasih.




Post a Comment

0 Comments