layanan

9 HAL PENTING YANG SERING DI ABAIKAN DALAM BUDI DAYA TOMAT

HAL PENTING YANG SERING DI ABAIKAN DALAM BUDI DAYA TOMAT- TOMAT adalah salah satu jenis Tanaman Holtikultura yang banyak di budi dayakan dan di Konsumsi di Indonesia walau pun tanaman ini sebenar nya berasal dari benua Amerika. Tomat dengan nama latin Lycopersicon esculentum L adalah tanaman yang memiliki daya Tumbuh yang  baik pada dataran Sedang dan Tinggi, walaupun ada beberapa jenis yang bisa hidup di dataran rendah. Budi daya tomat tidak semudah yang kita bayangkan karena tanaman tomat sangat rentan terhadap cuaca dan penyakit. Apalagi selaku pemula yang belum banyak pengalaman dalam budi daya tanaman yang satu ini.

HAL PENTING YANG SERING DI ABAIKAN DALAM BUDI DAYA TOMAT


Berikut 9 hal Penting Dalam Budi Daya Tomat yang tidak boleh kita abaikan :
1. Pemilihan Benih
Dalam Budi daya Tomat benih adalah salah satu faktor yang sangat berperan penting dalam keberhasilan. Ketahanan tanaman Tomat terhadap penyakit sangat di tentukan oleh benih. Dalam hal ini kita bisa mengunakan benih yang di jual di toko-toko Pertanian dan disediakan begitu banyak jenis sesuai kebutuhan. Selain itu kita juga bisa membuat benih sendiri dengan cara memilih buah yang berkualitas dengan tingkat Kematangan yang baik, berukuran Besar, tidak cacat maupun terserang jamur dan bakteri.
2. Penyemaian Benih
Dalam hal penyemaian benih dapat dilakukan dengan cara biasa atau dengan polibag, akan tetapi dalam hal ini sebaiknya dilakukan dengan polibag di karenakan tanaman tomat ini sangat rentan ketika di pindahkan  ke lubang tanam nantinya.
3. Pembuatan Bedengan
Untuk pembuatan bedengan harus di sesuaikan dengan keadaan lahan jika lahan dalam kondisi datar maka bedengan harus ditinggikan sampai 20 cm. Dan semakin miring lahan maka bedengan bisa semakin rendah. Hal ini dikarenakan untuk mencegah kandungan air dalam tanah yang berlebih karena bisa merusak tanaman kita. berikan mulsa plastik dan lakukan pelobangan degan jarak 30-40 cm Dengan ukuran diameter 5-7 cm.
 4. Penanaman Benih
Penanaman dilakukan sebaiknya pada sore hari karena tanaman tomat sangat rentan dengan Trik Matahari. Usahakan untuk melakukan penyiraman setelah Tanam selama seminggu setelah tanam sampai memastikan tanaman sudah hidup atau tumbuh. Dan jika cuaca dalam musim kemarau kita bisa menutup mulsa plastik dengan tanah agar panas matahari tidak terlalu panas dan setelah dipastikan tumbuh bisa di ambilkembali.
5. Penyulaman
Lakukan penyulaman mulai 10-30 hari habis tanam untuk memastikan tidak ada lubang bedengan yang kosong.
6. Pemasangan Pancang,Penunasan, dan Pengikatan
Pemasangan pancang bisa dilakukan lebih awal sejak mulai Tanam. semakin cepat pemasangan lebih baik. Untuk ukuran pancang tidak boleh terlalu kecil dengan panjang 150-180 cm. Lakukan penunasan setiap 1 minggu sekali pada tanaman kita agar pertumbuhannya cepat dan lakukan pengikatan pada pancang dengan mengunkan tali plastik agar tidak roboh.
7. Pemupukan Dan Perawatan
Untuk pemupukan dilakukan dengan 2 sistim pemupukan dengan sistim pupuk dasar dan pengecoran Dengan Dosis Pupuk Yang Benar . lakukan perawatan terutama pembersihan bedengan dan lubang tanam dari gulma setiap sebulan sekali.
8. Pembasmian Hama dan Penyakit.
Untuk pembasmian hama dan penyakit dapat dilakuakan mulai dari pencegahan hama pada tanaman tomat kita. jika tanaman kita sudah terserang maka lakukan pengendalian dengan pembasmian dengan penyemprotan pestisida.
9. pemanenan
Untuk pemanenan biasanya dilakukan 75 hari sapai 120 hari setelah tanam sesuai dengan jenis tanaman yang kita budi dayakan. Untuk pemanenan dilakukan pada buah yang masih berwarna kuning dikarenakan masa pembusukan pada buah tomat sangat cepat.
Demikian sahabat duniakita.co.id 9 hal penting yang harus di perhatiakan dalam budi daya Tomat. Semoga artikel ini bisa bermamfaat pagi pembaca. Jangan lupa tinggalkan komentar agar kita bisa saling berbagi. Terimakasih


“Salam sukses bertani”

Post a Comment

0 Comments