layanan

PENYAKIT UTAMA CABE RAWIT

PENYAKIT UTAMA CABE RAWIT-
PENYAKIT UTAMA CABE RAWIT
penyakit utama cabe rawit

Budi Daya Cabe Rawit termasuk hal yang menjanjikan, disamping masa panen yang panjang tanaman cabe rawit termasuk tanaman yang tahan akan penyakit dan cuaca. Namun demikian cabe rawit juga memiliki penyakit utama yang sering mengangu petani. Berikut 2 jenis penyakit utama yang sering menyerang tanaman cabe rawit:
1. Keriting Daun
Penyakit utama cabe rawit adalah keriting daun. Penyebab keriting daun pada cabe rawit adalah Trips, Tungaau,Mozaik,Kutu Daun (Aphid). Disamping itu penyebab lain yang jarang terdeteksi adalah kelebihan air pada tanah/lahan.tanah yang basah juga sangat dominan menjadikan cabe rawit menjadi kuning dan keriting Oleh sebab itu petani di anjurkan untuk membuat bedengan sebelum tanam dan mengunakan mulsa plastik. Untuk hama kutu daun (aphid) dan sejenisnya bisa digunakan pestisida berbahan aktif Abemectin dan lainya.
2. Antraknosa
Antraknosa Pada Tanaman Cabe rawit biasanya disebabkan oleh jamur colletotrichum piperatum dan c.capsisi serangan pada cabe rawit dapat menyerang daun dan buah. Untuk serangan buah petani dianjurkan untuk mengunakan pestisida jenis fungisida berbahan aktif tembaga, mengozep, simaksonil dan klorotonil.
Untuk tanaman yang sudah terserag petani harus memtik seluruh buah yang terserang dan melakukan penyemprotan dengan dosis tinggi dan rentan waktu yang padat.
Demikian Sahabat duniakita.co.id penyakit utama pada tanaman cabe rawit cara mencegah dan solusi mengatasinya semoga bermamfaat.

Salam sukses bertani


Post a Comment

0 Comments