Ads

12 Hama Tanaman Padi Dan Cara Mengedalikannya


Sahabat dunia kita- pada artikel “Budi Daya Padi” kali ini kita akan membahas Hama Tanaman Padi Dan Cara Mengendalikannya. Tanaman padi memiliki banyak sekali hama pengangu mulai dari daun, akar, batang, dan buah padi. Serangan hama pada tanaman padi sering membuat petani menjadi gagal dan kewalahan dalam menangulanginya. berikut kita bahas Jenis Hama Tanaman Padi Dan Cara Mengendalikanya
Hama Tanaman Padi Dan Cara Mengedalikannya

ULAT GRAYAK
hampir semua tanaman terserang hama yang satu ini termasuk Tanaman padi. Serangan hama ini bisa meyerang bagian batang, daun, dan buah. Pengendalian hama ini dapat dilakukan dengan cara melakukan penyemprotan dengan insektida courcron.
HAMA BURUNG.
Hama burung tidak bisa kita anggap sepele karena serangan hama ini sudah sangat banyak membuat kerugian. Pengendalian hama ini dapat dilakukan dengan cara mengusir menggunakan bunyi-bunyian atau orang-orangan sawah. Selain tu kita bisa menyemprotkan pestisida yang berbau busuk dan tidak disenangi hama ini.
TIKUS
selanjutnya hama paling berbahaya dan paling merugikan petani adalah tikus. Serangan hama tikus ini tergolong sangat berbahaya dan sulit untuk dikendalikan karena hama ini memiliki komunitas dan tingkat kecerdasan lebih dari hama lain nya. Pengendalian hama ini dapat dilakukan dengan menggunakan penyemprotan obat busuk seperti Courcron dan juga bisa dengan melepaskan predator alami seperti ular.
KEONG MAS
Keong Mas termasuk dalam hama pengangu paling berbahaya pada tanaman padi. Serangan hama ini bisa menghabiskan tanaman padi kita. serangan keong mas hanya menyerag tanaman padi kala masih kecil dan muda. Selain menghabiskan tanaman padi yang masih muda serangan hama ini juga dapat menghabiskan anakan padi kita. Untuk pengendalian nya dapat mengunakan pestisida
PENGEREK BATANG PADI
Hama ini menyerang dengan cara merusak tanaman padi anakan hingga mati yang berakibat terjadinya penurunan produksi padi dan juga kematian tanaman padi tersebut. Hama ini dapat dikendalikan dengan cara melakukan perawatan dan pengontrolan tanaman serta melakukan penyemprotan dengan insektisida berbahan aktif Amitraz, Buproferin.
WERENG HIJAU
serangan hama ini menjadikan Tanaman padi menjadi kerdil, kurangnya penganakan, dan daunnya berwarna kuning seperti terbakar. Pengendalian hama ini dapat dilakukan dengan cara menanam varietas tanaman padi yang unggul tahan hama Baca Cara Membuat Bibit Padi Unggul Sendiri- dan juga dengan melakukan penyemprotan menggunakan insektisida berbahan aktif Amitraz, Buproferin.
 WERENG COKELAT
sama halnya engan serangan wereng hijau serangan hama ini menjadikan tanaman padi kita menguning dan mengering. Pengendalian hama ini dapat dilakukan dengan cara melakukana pemberian pupuk K untuk mengurangi kerusakan Atau dengan menyemprotkan insektisida berbahan aktif seperti Amitraz, Buproferin atau yang lainnya.
WALANG SANGIT
serangan hama ini menyerang bagian bunga dan buah padi dengan cara menghisap yang dapat menurunkan hasil panen padi kita dengan signifikan, buah padi yang terserang hama ini menjadi sepertikapur dan hampa. Pengendalian hama ini dapat dilakukan dengan cara menggunakan jaring perangkap dan mengendalian gulma atau juga bisa dengan melakukan penyemprotan insektisida berbahan aktif seperti Courcron.
KEPINDING TANAH
Hama ini biasanya merusak tanaman padi pada bagian daun, serangan menujukan gejala adanya lubang bekas hisapan pada daun dan berubah menjadi coklat, kemudian daun menjadi mengering dan mengulung. Pengendalian alami hama ini dapat dilakukan dengan cara membuat perangkap lampu, kemudian di bakar atau di bunuh. Utuk penyemprotan dapat digunakan pestisida seperti Courcron dan sejenisnya.
GANJUR
Hama ganjur menyerang bagian daun padi menjadi mengulung, dan juga mengalami perubahan warna menjadi kuning kecoklatan. Pengendalian hama ini dapat dilakukan dengan menggunakan perangkap lampu sepertihalnya kepiding tanah. Pengendalian kimiawi bisa dengan melakukan penyemprotan insektisida seperti Courcron dan Sejenisnya.
HAMA KUTU PUTIH
Serangan kutu putih menyerang bagian daun tanaman padi serangan hama ini tidak terlalu berbahaya, akan tetapi apabila serangan sudah terlalu banyak dapat menjadikan tanaman padi kita menjadi kuning dan mengulung. Pengendalian kimia dapat dilakukan penyemprotan denagn insektisida berbahan aktif abemectin, Atau bisa melakuakn dengan pemberian Abu untukpengendalian secara alami.
ORONG-ORONG
orong-orong menyerang bagian akar tanaman padi serangan hama ini bisa menjadikan tanaman padi kelihatan sakit lalu mati. Untuk pengendalianya dapat di berikan campuran pupuk PHONSKA, TSP, UREA/ZA.
Demikian sahabat duniakita.co.id jenis hama pengangu tanaman padi dan cara pengendalianya. Semoga artikel kita kali ini bisa bermanfaat dan menjadi refrensi dan solusi pertanian kita. jika sahabat masih membutuhkan informasi seputar “Budi Daya Padi sahabat bisa membaca artikel pada website kami ini atau tinggalkan komentar jika ada pertanyaan Terimakasih.

“Salam Sukses Bertani”

Post a Comment

0 Comments