layanan

3 JENIS KAYU MANIS| CARA BUDI DAYA KAYU MANIS

Sahabat dunia kita- berikut pada pembahasan "Kayu Manis" kita akan membahas 3 jenis kayu manis dan cara budi daya kayu manis. 
 jenis kayu manis dan cara budi dayakayu mani
panen kulit manis
Kayu manis dengan nama latin Cassiavera. Kayu manis di prediksi berasal dari dareah Srilanka, India. Kayu Manis memiliki  banyak mamfaat. Dan khasiat kulit manis sudah di gunakan sejak ratusan tahun lalu, Kayu manis sebagai obat alami. Di indonesia Kayu manis sudah mulai dikenal dan di budi dayakan sejak 1930 di daerah Sumatra dan Jawa. Walau tergolong baru di indonesia Kulit Manis Asal Indonesia Memiliki Kwalitas Nomor Satu Di Dunia yaitu kulit manis asal Kerinci, Jambi. Kulit Manis biasanya digunakan sebagai Rempah, Kayu Manis merupakan rempah tertua yang digunakan Manusia pada Masa Kerajaan Mesir Kuno. Kayu Manis memiliki berbagai jenis . kayu Manis Srilangka, Kayu Manis Vietnam, dan Kayu Manis Indonesia.

Saat ini kulit manis memiliki prospek dan nilai bisnis yang tinggi karena permintaan pasar yang sangat banyak saat ini harga kulit manis sudah mencapai 40.000 sampai 60.000 Rupiah perkilo. Selain itu sekarang sudah banyak Produk Lokal Dari Kulit Manis yang bisa menjadi peluang bisnis
CARA BUDI DAYA KAYU MANIS
Budi daya Tanaman Kayu Manis tergolong sangat mudah dan tidak membutuhkan perawatan khusus dan tidak banyak memiliki Hama Pengangu.
Daya Tumbuh Kayu Manis
Kayu Manis adalah Tanaman yang sangat mudah di Budi Dayakan, Namun demikian Kulit Manis tidak bisa hidup dengan baik di sembarang tempat. Kayu Manis sangat cocok di dataran tinggi dengan Curah Hujan yang Cukup. Untuk PH tanah yang cocok  untuk Kayu Manis Berkisar 5,5 sampai 6,5.
Pengolahan Lahan
Penggolahan lahan untuk Kayu Manis juga cukup mudah cukup di bersihkan dan di berikan lobang tanam. Untuk pengolahannya tidak perlu pengemburan yang berlebihan. Untuk pembuatan lobang bisa mengunakan sistim baris dengan tali agar mendapatkan hasil yang efektif dan efisien.
Perawatan
Untuk perawatan terdiri dari pembersihan lahan dari gulma, Pemupukan dan Pendelaian Hama. Dan untuk kulit manis tidak memiliki perawatan dan hama khusus yang sulit untuk dikendalikan.
Pemanenan
Masa Panen Kayu Manis mungkin termasuk sedikit lama dan membutuhkan kesabaran karena termasuk komunitas Komuditi tanaman tua. Untuk pemanenan Kayu Manis dapat dilakukan sesuai dengan keingginan,  Sejak umur 3 tahun sudah bisa untuk dilakukan pemanenan dan biasanya pada usia ini nilai bobot hasil 5 sampai 10 kilogram perbatang.
Demikian sahabat duniakita.co.id pengenalan dan teknik budi daya Kayu Manis semoga bermamfaat dan sahabat bisa Tinggalkan Komentar jika ada pertanyan seputar kulit manis dan cara budi dayanya. “Terima kasih Salam Sukses Bertani”

Post a Comment

0 Comments