4 faktor utama keberhasilan dalam budi daya kentang

4 faktor utama keberhasilan dalam budi daya kentang
duniakita.co.id
Sahabat Tani budi daya kentang merupakan peluang yang sangat menjanjikan apalagi disaat harga meranjak naik. Akan tetapi perlu sahabat ketahui terutama untuk pemula bahwa budi daya kentang tidak semudah yang kita bayangkan, tanaman yang satu ini sangat membtuhkan perawatan intensif dan ketelitian. Berikut 4 hal penting yang tidak boleh kita abaikan dalam budi daya kentang :
1. PEMILIHAN BIBIT
Bibit Kentang
Hal pertama yang sangat penting dalam budi daya kentang adalah pemilihan bibit. Bibit merupakan faktor utama yang menopang keberhasilan dalam budi daya kentang. Sahabat tani harus mengetahui Ciri-Ciri Bibit Kentang Yang Baik.
Ada dua jenis bibit kentang yang biasa di budi dayakan yaitu bibit dari hasi pembibitan dan bibit lokal. kala kita mengunakan bibit pengembangan/ pembibitan yang harus kita perhatikan adalah kita tidak boleh membudidayakannya berkali-kali dari turunan bibit tersebut, karena sangat mempengaruhi hasil. Berbeda untuk bibit lokal kita bisa menanamnya berulang kali. Kedua jenis bibit ini memiliki kelebihan dan kekuranganya masing-masing seperti bibit lokal yang cenderung memiliki ketahan terhadap cuaca dan penyakit. dan untuk bibit hasil pembibitan biasanya memiliki harga yang cukup tinggi dan kita harus mengeluarkan cost yang tidak sedikit untuk mendapatkan nya. Oleh sebab itu Sahabat tani bisa membuat bibit sendiri dengan mempelajari Cara Membuat Bibit Kentang Sendiri untuk mengurangi biaya produksi kita.
2. SISTIM PENGAIRAN
sistim pengairan/bedengan
Hal kedua yang terpenting yang harus diperhatikan dalam budi daya kentang adalah sistim pengairan. Perlu diketahui bahwa tanaman kentang sangat rentan terdapat air terutama yang membasahai bagian akar dan batang karena bisa menopang pembusukan. Untuk sistim pengairan pada tanaman kentang dapat kita lakukan dengan pembuatan bedengan, pembuatan  Bedengan sangat penting untuk mengatutur  sistim pengairan dan pembentukan isi kentang. Untuk pembuatan bedengan dapat di sesuaikan dengan keadaan lahan dan cuaca.
Untuk lahan dengan kemiringan lebih dari 350 bisa dibuat bedengan tidak terlalu tinggi sedangkan untuk lahan datar perlu dibuat bedengan lebih tinggi dan untuk lebih baik kala musim hujan kita bisa mengunakan mulsa untuk menghidari gendangan air yang berlebihan.
3. PENGENDALIAN HAMA DAN PENYAKIT
pengendalian hama/penyakit
Hal ketiga yang Perlu Sahabat Tani ketahui terutama selaku pemula dalam budi daya kentang, bahwa tanaman kentang memiliki sangat banyak penyakit dan hama pengangu, oleh sebab itu untuk pengendalian hama dapat dilakukan mulai dari pencegahan, dan pengobatan dengan mengunakan pestisida.
Untuk itu sebelum melakukan budi daya kentang sahabat tani bisa mempelajari dan mengenali Jenis Penyakit Dan Hama Pada Tanaman Kentang Dan Cara Mengendalikan Nya.
4. PEMUPUKAN
Hal keempat yang tidak boleh di abaikan dalam budi daya kentang adalah pemupukan. Sama hal nya dengan tanaman lain jenis pupuk yang dibutuhkan kentang ada 2 macam yaitu pupuk dengan kandungan unsur makro dan mikro. Untuk itu perlu di perhatikan dan di pelajari Sistim Pemupupukan Dalam Budi Daya Kentang untuk hasil yang maksimal.
Untuk kebutuhan pupuk pada tanaman kentang terdapat perbedaan saat perkembangan vegetatif dan generatif. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal juga perlu diketahui Kebutuhan Pupuk Saat Pertumbuhan Vegetatif Dan Generatif.
Demikian sabat tani 4 hal penting yang tidak boleh kita abaikan dalam budi daya kentang semoga artikel ini bermafaat untuk pertanian kita. sahabat bisa tingalkan komentar agar kita bisa saling berkomunikasi dan berbagi seputar dunia pertanian Terimakasih.



“Salam Sukses Bertani”

Post a Comment

0 Comments