6 Penyakit Tanaman Padi Dan Cara Mengendalikanya


Sahabat dunia kita- pada artikel “budi daya padi” kali inikita akan membahas penyakit pada tanaman padi dan cara mengendalikan nya. Selain hama pengangu penyakit pada tanaman padi juga merupakan faktor penyebab tidak maksimalnya hasil padi kita. jamur dan bakteri adalah faktor utama penyebab penyakit pada tanaman padi, berikut akan kita bahas penyakit tanaman padi dan cara mengendalikannya:
6 Penyakit Tanaman Padi Dan Cara Mengendalikanya

PENYAKIT BUSUK BATANG
Gejala yang ditimbulkan apabila tanaman padi terserang penyakit ini adalah terjadinya pembusukan pada batang menjadi kuning, kecoklatan dan kehitaman sehingga mengakibatkan kematian pada tanaman padi. Pengendalian penyakit ini dapat dilakukan dengan cara melakukan pemupukan secara teratur atau juga bisa dengan melakukan penyemprotan dengan fungisida berbahan aktif Prepindep,Menkozep,Simaksonil Dan Klorotonil.
PENYAKIT BAKTERI DAUN HAWAR
selanjutnya penyakit yang sering penyerang tanaman padi adalah Penyakit bakteri daun hawar. Gejala serangan penyakit ini dapat kita lihat timbulnya bercak pada daun berwarna kuning hingga putih berbentuk garis lebam pada bagian pingir daun. Pengendalian penyakit ini dapat dilakukan denganmengunakan bibit unggul. Baca Cara BuatBibit Padi Unggul Sendiri Selanjutnya melakukan Jarak Tanam Dengan baik, dan mengurangi pengunaan pupuk Nitrogen dan ZA.
a. Penyakit bakteri daun bergaris
penyakit pertama pada tanaman padi adalah Penyakit bakteri daun bergaris. Tanaman padi yang terserang penyakit ini menunjukan gejala bercak pada daun berwarna kuning kecoklatan lau menghitam. Pengendalian penyakit ini dapat dilakukan dengan cara menanam bibit yang unggul, dan selain itu sitim pemupukan juga haru menjadi faktor utama yang harus kita perhatikan.  Baca Cara Pemupukan Padi Sawah Untuk Hasil Panen Maksimal
PENYAKIT BLAST
penyakit blast juga murupakan serangan penyakit yang umum menyerang tanaman padi. Gejala serangan ini dapat kita lihat pada daun adanyai bercak kuning pada bagian ujung, hingga berwarna kecoklatan dan kering pada tanaman. Pengendalian penyakit ini dapat dilakukan dengan cara melakukan pemupukan dengan dengan dosis yang tepat. Terutama pada kandungan nitrogen yang tidak boleh berlebihan. Selanjutnya melakukan penyemprotan dengan fugisida berbahan aktif Prepindep,Menkozep,Simaksonil Dan Klorotonil.
PENYAKIT HAWAR PELEPAH DAUN
Penyakit hawar pelepah daun diebabkan oleh jamur. Gejala serangan dapat dilihat pada batang tanaman padi yang rusak menjadi kuning kecoklatan, dan kering. Pengendalian penyakit ini dengan melakukan penyemprotan fungisida berbahan aktif Prepindep, Menkozep, Simaksonil Dan Klorotonil.
PENYAKIT KERDIL
penyebab penyakit ini adalah wereng coklat. Tanaman padi yang terserang penyakit ini akan sulit tumbuh dan berkembang, sehingga membuat tanaman padi kerdil dan tidak berkembang. Pengenalian penyakit ini dengan menyemprotkan pestisida berbahan aktif Amitraz, Buproferin atau yang lainnya.
PENYAKIT TUNGRO
selanjutnya Penyakit tungro, Tanaman padi yang terserang penyakit ini akan mengalami pembusukan pada bunga tanaman padi dan juga membuat tanaman tidak berbunga. Pengendalian penyakit ini dapat dilakukan dengan melakukan penyemprotan fungisida berbahan aktif  Prepindep, Menkozep, Simaksonil Dan Klorotonil.
Demikian sahabat duniakita.co.id jenis penyakit tanaman padi dan cara mengendalikannya. Semoga artikel ini bermanfaat, jika sahabat membutuhkan Refrensi terkait "budi daya padi" Sahabat bisa membacanya di Website kami ini, atau tinggalkan komentar jika ada pertanyan. Terimakasih

“Salam Sukses Bertani”


Post a Comment

0 Comments