Ads

8 langkah Menanam Tomat Agar Berbuah lebat


Sahabat duniakita.co.id Budi daya Tomat merupakan hal yang menantang. keyakinan Ini harus ada pada seorang Petani Tomat dan harus siap berkerja keras dengan ketelitian dan kedisiplinan tinggi. Menanam Tomat tergolong susah dan tidah semudah yang kita bayangkan. Menanam tomat membutuhkan pengetahuan budi daya yang cukup tentang tanaman yang satu ini. Berikut 8 langkah Menanam Tomat Agar Berbuah lebat
cara menanam tomat dan budidaya tomat
Pohon Tomat
Syarat Tumbuh Tanaman Tomat
Tanaman tomat sangat cocok curah hujan antara 100-220 mm/hujan dengan ketinggian 100-800 mdpl. Intensitas sinar sang surya berkisar antara 8-10 jam perhari. Dengan Suhu optimal untuk masa pertumbuhan tanaman tomat berkisar 25-30°C, sedangkan pada masa pembungaan membutuhkan suhu malam hari 15-20°C. Air merupakan faktor yang sangat dibutuhkan oleh tanaman tomat disebabkan 90% kandungan tomat terdiri dari air.
Pengukuran pH tanah diperlukan untuk menentukan tingkat keasaman untuk tanaman tomat cocok tumbuh di lahan dengan PH 5,5 sampai 6,5
Lagkah-Langkah Budi Daya Tomat
Untuk Persiapan lahan budidaya tomat meliputi pengemburan tanah dan pembuatan bedengan,
Untuk pengemburan sangat penting untuk membersihkan dan mengambil akra-akar dalam tanah yang merupakan penyebab berkembangnya jamur dan bakteri. Untuk pembuatan bedengan bisa kita lakukan sesuai kebutuhan dan keaadan lahan. Untuk lahan dengan kemiringan di atas 35 derajat bedengan bisa dibuat tidak terlalu tinggi. Sedangkan jika lahan dalam kondisi datar sebaiknya bedengan sedikit ditinggikan 30-40 cm, hal ini dilakukan untuk mengatasi gendangan air yang dapat menyebabkan pembusakan. Selanjutnya untuk pemasangan mulsa juga merupakan hal penting yang tidak boleh kita abaikan dalam budi daya tomat karena memiliki manfaat yang sangat banyak.
  • Persiapan Pembibitan Dan Penyemaian Tomat
Untuk bibit tomat kita bisa membelinya di toko-toko pertanian namun demikian juga bisa kita lakukan pembuata bibit sendiri untuk bibit tomat. Untuk budi daya tomat dapat dilakukan dengan tanam lansung pada lubang tanam dan juga melaui penyemaian. Untuk penyemaian sebaiknya mengunkan polibag. Hal ini dilakukan untuk mengurangi volume kematian saat pemindahan.
  • Penanaman Tomat
Seperti yang di jelaskan di atas bahwa penanaman tomat dapat dilakukan dengan cara penanamn lansung atau penyemaian terlebih dulu. Untuk penanam dengan media semai biasanya dapat dilakukan kisaran 15 sampai 20 hari setelah penyemaian dengan benih berdaun empat.
Pemeliharaan Pada Budidaya Tomat
Untuk pemiliharaan tanaman tomat meliputi beberapa hal penting sebagai berikut :
  • Penyulaman
Penyulaman dilakukan untuk menganti tanaman yang mati atau sakit. Penyulaman dapat dilakukan pada saat tanaman berumur 7 hari setelah tanam.
Pembersihan Bedengan
Selanjutnya pembersihan bedengan juga merupakan hal yang sangat penting untuk mencegah serangan hama penyakit dan memperbaiki pertumbuhan tomat
  • Pemasangan Pancangan Tomat
Untuk pemasangan pancang harus kita lakuakan. Untuk waktu pemasangan nya bia direkomendasikan lebih cepat lebih baik, hal ini mengingat ketika tanaman tomat sudah besar pemasangan pancang bisa mengangu dan merusak akar tanaman tomat
  • Perapelan Tomat
Perapelan pada tanaman tomat termasuk kegiatan yang sedikit lebih sibuk dari tanaman budi daya lainya seperci cabe. hali ini karena untuk tanaman tomat perapelan dilakukan dengan rentan waktu 4-7 hari sekali.
  • Pengecoran Tomat
Pengecoran atau pemberian pupuk susulan pada tomat dilakukan 10-15 hari sekali dengan dosis  yang disesuikan dengan kebutuhan tanaman tomat kita.
  • Pengendalian hama dan penyakit pada tomat
Untuk pengendalian hama dan penyakit pada tomat dilakukan mulai dari pencegahan, dan penangulangan jika sudah terjangkit dengan mengunkan pestisida
  • Pemanenan Tomat
Untuk pemanenan tomat dilakukan dengan kisaran waktu yang bebeda sesuai dengan jenis bibit yang kita tanam. biasanya masa panen berkisar 60 sampai 100 hari setelah tanam.untukpemanenan dapat dilakukan pada buah yang sudah matang dengan kematangan 80% untuk menghidari pembusukan pada saat pendistribusian.
Demikian cara menanam Tomat dengan baik dan benar sahabat bisa mencoba dan mempraktekannya jika ada pertanyaan seputar budi daya tomat sahabat bisa tinggalkan komentar, terima kasih “salam sukses bertani”.


Post a Comment

0 Comments