Ads

Cara Membuat Bibit Jahe Sendiri


Sahabat Dunia Kita pada kesempatan artikel “Budi Daya Jahe” kali ini kita akan membahas Cara Membuat Bibit Jahe Sendiri . dalam mengatasi harga bibit jahe di pasaran terlalu mahal dan ini mengharuskan kita selaku petani jahe bisa membuat bibit jahe sendiri, untuk pembuatan bibit jahe pada artikel ini juga bisa kita terapkan untuk pembuatan bibit jahe merah. Ada beberapa kriteria cara pembuatan bibit Jahe yang baik dan benar,  dalam artikel ini akan kita bahas dalam 3 bagian yaitu :
Cara Panen Jahe Untuk Di Jadikan Bibit
Cara Pengolahan Jahe Untuk Dijadikan Bibit
Cara Pembuatan Bibit Jahe Yang Efektif
Berikut kita bahas 3 poin di atas satu persatu
Bibit Jahe

Cara panen jahe untuk dijadikan bibit

Untuk membuat bibit yang baik kita harus memulainya dari proses pemanenan jahe. Untuk hasil panen jahe yang baik untuk dijadikan bibit harus memenuhi kriteria sebagai berikut :
  • -          Umur jahe sudah berkisar paling rendah 90 hari
  • -          Direkomendasikan tanaman jahe yang dipanen sudah benar-benar mati atau kering
  • -          Untuk proses panen harus hati-hati agar bakal bibit tidak cacat

Cara pengolahan jahe untuk di jadikan bibit
Cara Membuat Bibit Jahe Sendiri

Untuk langkah selanjutnya sahabat duniakita.co.id bagaimana kita melakukan pengolahan jahe paska panen untuk kita jadikan bibit, jahe yangan akan kita jadikan bakal bibit harus memenuhi kriteria sebagai berikut :
  • -          Hasil panen dilakukan perendaman dalam air panas untuk dibersihkan selama 10 menit
  • -          Selanjutnya bakal bibit di jemur di trik matahari
  • -          Melakukan pernyortiran, Untuk ukuran direkomendasikan tidak terlalu kecil dengan bobot 25-80 gram
  • -          Pernyortiran juga perlu memperhatikan jumlah bakal siung atau kecambah sebaiknya paling sedikit 4 untuk mendapatkan hasil bibit yang maksimal

Cara pembuatan bibit jahe yang efektif

Langkah selanjutnya untuk mendapatkan hasil bibit yang maksimal kita melakukan tahap akhir untuk memastikan bibit jahe kita benar benar bisa tumbuh, Untuk hasil akhir ini daya tumbuh bibit jahe kita bia mencapai 99 persen  Apabila kita lakukan dengan langkah langkah sebagai berikut :
  • -          Sediakan tanah yang telah di campur dengan kompos atau pupuk kandang yang sudah dipermentasikan dengan perbandingan 1 : 1 dengan jumlah bakal bibit jahe kita
  • -          Campurkan bakal bibit jahe kita kedalam campuran tanah tersebut, kemudian disiram dengan air dan di tutup dengan tikar plastik
  • -          Diamkan selama lebih kurang 15 sampai 30 hari
  • -          Selanjutnya kita bisa buka kembali dan menyortir kembali bibit buatan kita, pada saat ini akan kelihatan bakal tumbuh /kecambah sudah muncul. Dan bibit sudah siap kita tanam.

Demikian sahabat duniakita.co.id penjelasan kita tentang cara pembuatan bibit jahe sendiri untuk hasil yang maksimal, semoga artikel ini bermanfaat bagi kita, sahabat juga bisa menemukan artikel lain terkait budi daya jahe dan tanaman budi daya lainya di website kami. Jika sahabat memiliki pertanyaan seputar kandungan artikel pada website kami ini silahkan tinggalkan komentar, terimakasih.
“Salam Sukses Bertani”


Post a Comment

0 Comments