Ads

Cara Panen Padi Untuk Membuat Benih Padi Unggul Sendiri

Sahabat Tani Pada artikel “Budi Daya Padi” kali ini kita akan membahas cara Panen Padi untuk membuat benih padi unggul. menanam Benih Padi Unggul tentu sangat menguntungkan karena diyakini bibit unggul tahan akan penyakit dan tentunya hasi padi yang kita dapat juga lebih banyak. begitu banyak Benih Padi Unggul yang di jual dipasaran saai ini, akan tetapi tentunya tidak dengan harga yang sama dengan harga padi biasa. Dan juga saat ini banyak beredar dipasaran jenis benih padi unggul oplosan sehingga banyak petani yang kecewa dengan hasilnya. seperti bibit padi yang ketika ditanam tapi hasi panennya jauh dari harapan dan ada mudah terserang penyakit. Oleh sebab itu petani disarankan untuk petani membuat benih padi unggul sendiri.
Petani bisa membuat Benih Padi Unggul dari hasil panen sebelumnya. Berikut kita akan jelaskan cara panen padi untuk membuat benih padi unggul sendiri :

Cara Panen Padi Untuk Membuat Benih Padi Unggul Sendiri
Panen Padi

Waktu panen

Pemanenan benih padi unggul dilakukan tidak bersamaan dengan padi konsumsi. Hal ini bertujuan agar benih tidak tercampur. untuk masa panennya dapat di sesuaikan dengan jenis padi yang ditanam, dan untuk kriterianya pastikan padi yang akan kita jadikan benih benar-benar sudah matang.

Cara panen

Untuk Cara Penen Padi Untuk Bibit Unggul dapat kita gunakan sabit atau alat jenis lainya seperti tuai (alat tradisional). Untuk mendapatkan hasil yang baik maka sangat di anjurkan untuk melepaskan padi dari tangkai dengan hati-hati tidak membuat padi cacat/terkelupas.

Masa penjemuran

Setelah padi dipanen maka hasil panen harus kita jemur sampai benar-benar kering. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal penjemuran dilakukan pada cuaca yang tidak terlalu panas, Penjemuran sebaikknya dilakukan saat pagi hari sekitar jam 07.00 sampai jam 10.00 dan sore hari sekitar jam 14.30 sampai jam 17.00. untuk mendapatkan hasil maksimal  kadar air benih berkisar 14-12 %. Penjemuran benih padi unggul sebaiknya tidak dilakukan dilantai jemur lansung, akan tetapi harus diberi alas terpal atau anyaman bambu. Terakhir untuk hasil terbaik dan untuk menigkat daya tumbuh sebaiknya benih padi unggu buatan sendiri tersebut tidak lansung di tanam melaikan disimpan kira-kira 2-4 mingu. 

Demikian Sahabat Tani cara panen padi untuk membuat benih padi unggul sendiri. Sahabat bisa melakukan dan mencobanya sebagai sarana menghemat biaya produksi. Selain itu sahabat tani juga bisa terhidar dari kekecewaan benih bibit unggul oplosan yang beredar di pasaran. Semoga Artikel ini bermanfaat Sahabat bisa Tinggalkan Komentar seputar Kandungan dalam Artikel ini Terimakasih 


Post a Comment

0 Comments