layanan

Cara Pemupukan Jahe Merah Untuk Mendapatkan Hasil Maksimal


Sahabat dunia kita berikut pada artikel “Budi Daya Jahe” kali ini kita akan membahas Cara Pemupukan Jahe Merah Untuk Mendapatkan Hasil Maksimal.  Dalam budi daya jahe cara pemupukan sangat berpengaruh terhadap hasil pertanian jahe kita. selain untuk kesuburan cara pemupukan yang tepat juga berpengaruh terhadap serangan penyakit pada tanaman jahe kita.  Pada  pembahsan cara pemupukan tanaman jahe ini kita bagi kedalam 2 pembahasan yaitu :
-          Jenis Pupuk Untuk Jahe
-          Waktu Dan Sasaran Pemupukan Jahe Merah
Berikut penjelasan dan pembahasan tentang cara pemupukan jahe untuk mendapatkan hasil maksimal:
Cara Pemupukan Jahe Merah Untuk Mendapatkan Hasil Maksimal

Jenis Pupuk Untuk Jahe

Untuk mendapatkan hasil maksimal kita bisa mengunakan 3 jenis pupuk utama yaitu :

-          Pupuk Kompos

pupuk kompos dalamha ini adalah hasil pembusukan atau permentasi tanaman atau gulma yang dapat di gunakan untuk pupuk tanaman jahe.

-          Pupuk Kandang

Selanjutnya pupuk kandang juga sangat perlu di gunakan untuk tanaman jahe. Dalam hal ini pupuk kandang yang dimaksut adalah hasil kotoran hewan seperti ayam, kambing, sapi dan lain sebagainya yang telah dilakukan permentasi, seperti halnya permentasi pupuk kandang

-          Pupuk Kimia

Selain pupuk di kompos dan pupuk kandang kita juga membutuhkan pupuk kimia untukmendapatkan hasil maksimal, adapun pupuk kimia yang kita butuhkan dalam budi daya jahe adalah pupuk dengan kandungan nitrogen, pospat, dan kalium. Selain itu juga kita butuhkan pupuk kimia dengan kandungan mikro seperti boron, mangan, besi, dan lain sebagianya.

Waktu Dan Sasaran Pemupukan Jahe

Setelah mengetahui jenis pupuk yang kita gunakan untuk jahe berikut akan kita bahas waktu dan sasaran pemupukan jahe untuk hasil yang maksimal.
-          Pemberian pupuk dasar
Untuk tahap ini sahabat duniakita.co.id bisa mengunakan pupuk kompos dan pupuk kandang, dengan cara memasukan kedalam lubang tanam atau palir. semakin banyak mengunakan pupuk kompos maka hasilnya akan semakin baik. Untuk tahap ini sahabat kita rekomendasikan untuk mengunakan pestisida dengan jenis insektiida dan namesida yaitu pestisida dengan kandungan karbofuran.
-          Pemberian pupuk fase vegetatif
Untuk fase vegetatif ( fase perkembangan) direkomendasikan memberikan pupuk sebelum waktu penyiangan pada umur lebih kurang 30 hari setelah tanam. Untuk jenis pupuk yang kita gunakan bisa memberikan pupuk kumia dengan dosis  40:30:30 perbandingan tersebut untuk kandungan Nitrogen, Posfat dan Kalium. Dalam artian pada fase ini pemberian pupuk kimia dengan unsur Nitroge lebih banyak untuk menopang pertumbuhan pohon.
-          Pada fase generatif
Pada fase ini kita bisa meberikan pupuk susulan guna untuk memperbesar isi jahe. Untu waktu pemberian direkomendasikan pada masa penyiangan kedua seperti yang kita bahas dalam artikel Cara Budi Daya Jahe Merah Untuk Hasil Maksimal.
Jenis pupuk yang kita gunakan pada fase ini adalah pupuk kimia dengan kandungan yang sama pada fase vegetatif akan tetapi  dengan dosis kandungan yang berbeda yaitu 20:40:40. Pada fase ini kita membutuhkan kanungan posfat dan kalium  yang lebih banyak guna untuk membesarkan isi jahe dan mengurangi pembusukan dan serangan jamur.
Pada fase ini juga sangat direkomendasikan mengunakan pupuk yang memiliki kandungan unsur mikro seperti boron, mangan, calsium, besi, dll.
Demikian Sahabat duniakita.co.id cara Cara Pemupukan Jahe Merah Untuk Mendapatkan Hasil Maksimal. Semoga artikel ini bisa bermanfaat sahabat tani juga bisa membaca artikel lain sesuai kebutuhan sahabat di website ini, atau tinggalkan komentar jika sahabat punya pertanyaan seputar kandungan artikel dalam website kami ini, Terimakasih.

“ Salam Sukses Bertani”

Post a Comment

0 Comments