Ads

Cara Membuat Bibit Dan Penyemaian Kopi Yang Baik Dan Benar

Sahabat Dunia Kita padaartikel “Budidaya Kopi kali ini kita akan membahas bagaimana Cara Membuat Bibit Dan Penyemaian Kopi Yang Baik Dan Benar. ada beberapa faktor penting yang sangat mempengaruhi hasil akhir dari Budi Daya Kopi, dan salah satu faktor  terpenting tersebut adalah bibit kopi yang baik. bibit kopi yang baik sangat menentukan hasil produksi yang akan di hasilkan dalam budi daya kopi.
Adapun cara kita terbaik agar kita mendapatkan bibit kopi yang baik adalah dengan melakukan pembuatan bibit dan penyemaian kopi sendiri. Dalam pembuatan bibit dan penyemaian kopi kita harus melakukanya mulai dari tahap pemanenan, pemilihan buah yang baik, pengolahan dan penyemaian.
Berikut penjelasan tentang Cara Membuat Bibit Dan Penyemaian Kopi Sendiri Yang Baik Dan Benar :
CARA MEMBUAT BIBIT DAN PENYEMAIAN KOPI YANG BAIK DAN BENAR

Pemilihan Buah Yang Baik Untuk Bakal Bibit Kopi
Untuk tahap awal dalam pembuatan bibit kopi hal yang perlu kita perhatikan adalah pemilihan buah yang baik. Memilih buah yang baik dapat kita lakukan dengan kriteria tertentu seperti: buah yang besar, lebat, serta tidak terserang hama dan penyakit. Untuk bakal bibit bisa kita pilih dari beberapa pohon direkomendasikan  1-3  pohon,  dengan kriteria yang sama. dan tidak direkomendasikan bakal bibit dari banyak pohon.
Untuk catatan untuk buah dengan kandungan biji hanya satu sangat tidak direkomendasikan sebagai bibit karena kecenderungan akan menghasilkan kopi dengan buah yang sama.
Cara Panen Bakal Bibit Kopi
panen kopi

Untuk langkah dan faktor penting selanjutnya dalam membuat bibit kopi adalah cara panen. Untuk mendapatkan hasil yang baik cara panen yang benar adalah dengan mengabil buah dengan kriteria : sudah benar-benar matang dengan ciri-ciri buah berwarna merah, pemanenan dilakukan dengan hati-hati agar tidak terbawa buah yang belum matang. Untuk panen dilakukan pada pohon pilihan dengan rentan waktu 15 hari sekali
Pengolahan Bakal Bibit Kopi
Untuk pengolahan bakal bibit kita tidak merekomendasikan melakukan  pengelupasan kulit, dan pengeringan tidak perlu dilakukan. Untuk hasil yang baik langkah pengolahan buah bakal bibit dengan melakukan langkah-langkan : Menyortir kembali buah yang baik dengan kriteria kematangan, tidak terserang hama dan penyakit, Buah hasil sortiran dilakukan pembelahan pada bagian tengah antara biji.
 Selanjutnya setelah pembelahan kita bisa melakukan pengendapan dengan tanah denga langka-langkah :
  • sediakan tanah humus dengan campuran kompos,
  •  kemudian bakal bibit dicampurkan kedalam tanah tersebut,
  •  masukan campuran kopi dan tanah kedalam karung dan siram dengan air agar tetap lembab,
  • selanjutnya diamkan beberapa hari 15-30 sampai kecambah mulai bermunculan

Penyemaian Bakal Bibit Kopi
langkah terakhir yang kita lakukan dalam pembuatan bibit kopi adalah penyemaian, untuk penyemaian dapat dilakuakan dengan pembuatan bidang semai, untuk bidang semai bisa kita buat dengan pengolahan dan penggemburan tanah, dan dicampur dengan pupuk kompos.
untuk area bidang semai bisa di atapi dengan panet/jaring bibit. Langkah selanjutnya adalah melakukan penabauran bibit hasil pengolahan diatas ke area semai, kemudian ditimbun kembali dengan tanah dengan ketebalan 2-3 cm.
Untuk lebih efektif bisa mengunakan polibag.
Untuk penguanan polibag dapat dilakukan dengan menyediakan polibag dengan ukuran diameter 6-8 cm, tanah humus dengan campuran kompos, dan untuk area penyemaian bisa diberikan atap dengan panet/jaring bibit.
Setelah melakukan pengisian polibag dengan tanah bakal bibit yang sudah berkecambah hasil pengolahan dari penjelasan di atas bisa dimasukan lansung kedalam polibag yang telah kita siapkan, kemudian ditutup kembali dengan tanah 2-3 cm.
Demikian sahabat duniakita.co.id artikel tentang cara membuat bibit dan penyemaian kopi yang baik dan benar. semoga artikel ini bermanfaat, sahabat bisa temukan artikel terkait sesuai kebutuhan di website kami ini. Jika sahabat memiliki pertanyaan, kritik dan saran terkait isi dan kandungan artikel di website kami ini bisa tinggalkan komentar di kolom komentar di bawah  terimakasih,
“Salam Sukses Bertani”

Post a Comment

0 Comments