layanan

10 Kiat Dan Tips Sukses Usaha Jamur Tiram Dari Pemula Sampai Profesional


Sahabat dunia kita pada artikel "Budi Daya Jamur Tiram" kali ini kita akan membagikan artikel yang akan membahas  10 Kiat Dan Tips Sukses Usaha Jamur Tiram Dari Pemula Sampai Profesional  bagi sahabat yang ingin memulai budi daya artikel ini bisa menjadi acuan dan refrensi. Dan apabila sahabat sudah lama menekuni budi daya jamur tiram ini artikel ini bisa sahabat jadikan refrensi perbandingan dan tambahan.
Budi daya jamur tiram merupakan suatu bisnis atau usaha yang sangat menjanjikan disamping cara yang tidak terlalu rumit dan tidak  membutuhkan teknologi yang tinggi, harga dan nilai ekonomi yang kita dapatkan dari Budi Daya Jamur Tiram juga sangat menjanjikan. Sudah sangat banyak dari saudara kita yang telah sukses dalam budi daya yang satu ini. Namun demikian, juga tidak jarang terjadi ada yang mengalami kegagalan dalam budi daya Jamur Tiram ini. Oleh karena itu sangat menginpirasi kita untuk berbagi Tip Dan Kiat Sukses Usaha Jamur Tiram untuk Sahabat Budi daya semua mulai dari melakukan Budi Daya sampai kepada penjualan atau pemasaran Jamur Tiram. Nah sahabat dunia kita Berikut penjelasanya:

Kiat Dan Tips Sukses Usaha Jamur Tiram Dari Pemula Sampai Profesional

1. Kiat Dan Tips Membangun Kumbung dan Rak Jamur

Sahabat duniakita.co.id Langkah awal yang perlu kita lakukan dalam budi daya jamur tiram adalah membangun kumbung jamur. Kumbung adalah sebuah bangunan yang berfungsi untuk tempat menempatkan rak-rak jamur.
Hal penting yang harus di perhatikan dalam membangun kubung :
   hal pertma yang menjadi pertimbangan kita dalam kubung adalah  masalah kelembapan dan suhu karena kelembapan dan suhu yang sesuai  sangat mempengaruhi pertumbuhan jamur.
   Rangka kumbung dapat dibuat dari kayu, bambu,trplek atau jenis lainya. Untuk dinding sebaiknya kita mengunakan anyaman bambu atau papan. Berikan batasan seperti loteng dari atap agar suhu di dalam tetap sejuk.
   sebaiknya tidak mengunakan seng karena dapat membuat suhu yang terlalu panas. Untuk lantainya sebaiknya gunakan tanah alami sajadengan maksut agar  air  dapat meresap saat melakukan penyiraman.
   untuk rak kubung bisa dibangun bertingkat seperti rak buku. dan Berikan jarak  lebih kurang 1.5meter untuk jalan atau lorong agar mudah dalam pemeliharaan.
   untuk hasil yang baik Tinggi rak 40 cm atau lebih. dengan Jarak antar tingkatan rak adalah satu meter..
   untuk bisnis rumahan ukuran bisa disesuaikan dengan keadaan bangunan.

2.  Kiat Dan Tips Mempersiapkan Baglog Jamur

Kiat Dan Tips Sukses Usaha Jamur Tiram Dari Pemula Sampai Profesional

Baglog adalah media tanam bibit jamur. Bentuknya silinder yang dilapisi plastik khusus. Di dalam baglog terdapat campuran serbuk gergaji dan media lainya yang merupakan tempat meletakan bibit jamur tiram. Salah satu ujung baglog dilubangi sebagai tempat meletakan jamur tiram
Bagi pemula daalam mempersiapkan baglog dapat membeli pada suplayer/ penyedia baglog. dan sebaiknya menggunakan baglog yang sudah siap pakai.
 Baca Cara Membuat Baglog Sendiri

Harga Baglog dan cara menyiapkanya

Baglog jamur tiram umumnya  dijual dengan harga Rp1.800 – Rp 5000 di pasaran. Sekarang sudah banyak petani yang membuat bibit jamur sendiri
Sahabat duniakita.co.id Meskipun baglog yang kita beli sudah siap pakai, kita harus tetap melakukan sterilisasi agar tetap aman dan bisa tumbuh secara maksimal. Caranya, masukan baglog ke dalam autoclave atau pemanas buatan khusus baglog. Aturlah suhunya hingga 1200 C selama 15 menit.
Jika sahabat belum memiliki autoclave,  sahabat  bisa mengunkan  media lain seperti drum, Lalu panaskan dengan mengunakan api. untuk proses sterilisasi ini lebih kurang 8 jam, kemudian baglog dibiarkan  dingin. Untuk hasil yang maksimal matikan kompor atau turunkan suhu autoclave secara bertahap.

3. Kiat Dan Tips Memilih Baglog yang bagus

sahabat dunia kita perlu kita ketahui bahwa tidak semua baglog yang dijual itu memiliki kwalitas yang baik untuk itu sahabat bisa memperhatikan ciri-ciri baglog yang baik..
·         perhatikan ukuran baglog, umumnya baglog menggunakan plastik bening bediameter 12 cm dengan panjang sekitar 30cm. berat  satu buah baglog adalah 1,3 dampai 2 kg. baglog yang terlalu ringan biasanya tidak baik.
·         perhatikan kepadatan serbuk gergaji yang digunakan semakin padat semakin baik. Dan untuk serbuk gergaji yang bersumber dari kayu yang keras lebih baik kwalitasnya seperti yang umum digunakan kayu nsengon, kayu mahoni, kayu kampung dan kayu kembang.
·         perlakuan pembuatan bibit dilakukan secara sendiridari F0 sampai F2.
·         proses sterilisasi yang digunakan beton baja atau drum karena kwalitas sterilisasi dengan mengunakan beton baja lebih baik kwalitasnya.
·         Kondisi miselium miselium itu berwarna putih, umumnya untuk baglog yang bagus yang bagus miseliumnya 10-12%,.
·         Produk memiliki garansi

 5. Kiat Dan Tips Merawat Baglog Jamur Tiram

Kiat Dan Tips Sukses Usaha Jamur Tiram Dari Pemula Sampai Profesional

·         Bukalah baglog sebelum kita menyusunnya di atas rak. Bagian yang kita buka adalah cincin dan kertas penutup baglog. selanjutnya, kita bisa menyusunnya.
·         Baglog di ats rak yang sudah kita siapkan sebelumnya..
·         Susunlah baglog secara menidurkan atau melintang dengan lubang menghadap ke samping. kita bisa menumpuk baglog satu sama lain,dengan catatan harus teratur dan tidak terlalu berimpitan.
·         Baglog juga bisa atur tegak lurus  dan lubangnya menghadap ke atas. Akan tetapi, cara seperti ini membutuhkan ruangan dalam rak lebih luas.
·         Jika kita menyusun baglog secara vertikal, kita akan lebih mudah dalam melakukan penyiraman dan melakukan panen.
·         kita harus mendiamkan baglog selama 5 hari setelah menyusunya, sesudah itu silahkan buka penutup (cincin dan kertas) baglog. Lalu, biarkan lagi selama 3 hari. Dan setelah 3 hari kita bisa memulai melakukan penyiraman.
·         Penyiraman dilakukan dengan menggunakan spray atau alat semprot lainya. Untuk penyiraman harus dilakukan dengan cairan yang sangat halus seperti kabut. Penyiraman bisa dilakukan 2-3 kali dalam sehari. Sesuaikan dengan kelembapan dan suhu kubung atau tempat budi daya kita.

6. Kiat Dan Tips pengendalian Hama Pada Jamur Tiram

Perawatan baglog jamur tiram  mencakup pencegahan ganguan hama. Kita tidak dapat mengetahui kapan serangan hama akan mengangu tanaman kita maka kita harus melakukan pencegahan agar hal ini tidak sampai terjadi. Ada 2 faktor yang menyebakan datangnya serangan hama pada jamur tiram.
·         Faktor Lingkungan di sekitar tempat budi daya
Lingkungan disekitar  adalah faktor utama yang menyebabkan serangan hama dan penyakit. Untuk mencegahnya,kita bisa melakukan penyemprotan dengan formalin di daerah sekitar kumbung secara teratur.
·         Ulat
selanjut hama perusak jamur tiram adalah ulat. Hama ini biasanya  muncul karena area/lokasi budidaya yang terlalu lembab, kotor, dan kurang terawat. Kendalikan dengan selalu membersihkan kumbung dan rak jamur. jamur yang tidak bisa dipanen secepatnya disingkirkan dan jamur hama yang tumbuh pada bagog.
, serangan hama ulat bisanya menyerang tanaman jamur umumnya pada awal musim hujan karena kelembapan udara yang rendah sehingga tempat menjadi basah. Untuk mencegahnya kita bisa membuat jalur sirkulasi udara dan menghentikan penyiraman.
·         Kepik
selain ulat hama yang sering menyerang jamur tiram adalah kepik.hama ini muncul karena terdapat sisa jamur yang tinggal pada baglog waktu melakukan panen.
Pencegahannya, yakni dengan membersihkan baglog, menyemprotnya formalin dan selalu menjaga kebersihan lingkungan area disekitar tempat budidaya.

7.  Kiat Dan Tips  Pemanenan Jamur Tiram

Jamur tiram dapat dipanen sekitar dua minggu setelah peletakan bibit di rak jamur.
Jika baglog sudah ditumbuhi oleh miselium dengan sempurna, 14 hari kemudia kemungkinan besar sudah bisa kita dipanen. Potensi panen baglog jamur tiram sekitar 5-8 kali asalkan perawatannya sesuai dengan petunjuk. Setiap 1 baglog Jamur Tiram berpotensi menghasilkan 0,4-1,5 kg jamur.

8. Belajar Dan Bergaulah Dengan Orang Yang Telah Berpengalaman

Setelah 7 poin penting diatas yang sahabat wajib mengetahui dan mempelajarinnya poin berikutnnya ini tidak kalah penting, sahabat perlu memperluas jaringan pergaulan dengan orang-orang yang sudah lama mengeluti budi daya jamur tiram. Hail ini sangat penting agar bisa belajar dari pengelaman dan menimba ilmu dari senior yang tentunya telah lebih dulu merasakan pahit manisnya dalam budi daya jamur tiram.

9. Kiat Dan Tips Dalam Pemasaran Jamur Tiram

Sahabat budi daya memasarkan jamur tiram tergolong tidak sulit karena jenis sayuran yang satu ini sangat di minati dan dicari banyak orang di pasaran. Untuk harga jamur tiram bisa mencapai 40.000 rupiah perkilonya Akantetapi, apabila kita bisa menguasai pasar dengan memperpendek alur pendistribusian nya akan sangat lebih mengutungkan sahabat bisa lansung kepada tangan konsumen. Berikut target pemasaran yang efektif dan efisien untuk jamur tiram:
·           Pasar sayur/pasar tradisional
·           Warung
·           Rumah makan
·           Pengusaha keripik jamur
·           Cafe
·           Supermarket
·           Usaha cetring dan lain sebagainya
Itulah beberapa target pemasaran yang efektif untuk jual jamur tiram. Akan tetapi apabila sahabat mau belajar dan berinovasi tentunya akan lebih baik dan menguntungkan jika bisa membuat produk dari olahan jamur tiram sahabat.

10.  Kiat dan Tips Sukses Budi Daya Jamur Tiram

Untuk sahabat duniakita yang ingin melakukan budi daya jamur berikut kita berikan tip agas sukses dalam melakukanya:
·         Persiapkan mental karena merupakan faktor utam dalam membangun bisnis dan usaha jangan pernah takut rugi dan persiapkan modal yang cukup untuk kebutuhan terutama masa perawatan, kita bisa membuat tempat khusus untuk budi daya jika mental dan modal sahabat sudah siapkan, dan  jika sahabat ingin belajar terlebih dahulu bisa sahabat gunakan ruangan kosong yang bisa dimanfaatkan.
·         Dalam budi daya atur dan susunlah baglog yang baik, seperti penjelasam diatas atur jarak yang tidak terlalu rapat
·         Dalam Budi Daya jika sahabat membutuhkan membeli baglog belilah dengan melihat kriteria yang kita bahas diatas
·         dalam budi daya Rawat baglog dan jamur kita dengan baik. Jangan terlalu terburu-buru ikuti arahan dan panduan yang telah dijelaskan diatas ketika ingin membuka tutup baglog
·         Dalam budi daya Cegahlah serangan hama dan penyakit dengan melakukan penyemprotan secara teratur , jagalah kebersihan dan sirkulasi udara di sekitar tanaman jamur kita.
·         perbanyak pembedaharan pengetahuan dan pengalaman tentang budi daya, dengan beguru pada yang berpengalaman.hal Ini akan menghemat sahabat untuk belajar dan menagung resiko kegagalan.
·         Belajar memulai membangun relasi dalam memasarkan jamur tiram yang akan kita budi dayakan, pelajari pasar, dan lokasi dimana masyarakat yang sangat berminat akan jamur tiram ini.
Demikian sahabat duniakita.co.id artikel tentang Kiat Dan Tips Sukses Usaha Jamur Tiram semoga artikel ini bermanfaat. Jika sahabat memiliki pertanyaan dan tambahan pengalaman dan pengetahuan tentang kiat dan tips sukses budi daya jamur tiram bisa menulisnya di kolom komentar. Terimakasih “Salam Sukses Budi Daya”

Post a Comment

2 Comments

mohon memberi masukan dan komentar untuk sarana komunikasi