layanan

Cara Membuat Bibit Cabe Unggul Sendiri

Selamat datang sobat semua di website duniakita.co.id pada arikel “Budi Daya Cabe” kali ini kita akan membahas Cara Membuat Bibit Cabe Unggul Sendiri. Bibit cabe merupakan faktor pertama dan yang paling utama Pembawa keberhasilan dalam budi daya cabe, dengan mengunakan bibit yang berkwalitas (bibit unggul) berarti sobat telah mengawali usaha dalam budi daya cabe dengan baik.
Cara Membuat Bibit Cabe Unggul Sendiri

Sobat Tani Begitu banyak jenis bibit cabe yang bisa sobat dapatkan di toko-toko pertanian dengan brend dan jenis yang bermacam-macam, Dengan berbagai tawaran keunggulan tentunya. Akan tetapi Tahukah sobat ternyata banyaknya jenis bibit cabe yang di tawarkan  berbanding lurus dengan banyaknya modal yang harus sobat keluarkan jika ingin mendapatkanya, rata-rata harga bibit yang diperjual-belikan berkisar dari harga 150.000 sampai 300.000 Rupiah untuk setiap Sasetnya, dengan isi rata-rata 1500-2000 Butir persaset.
Tingginya harga bibit cabe dipasaran menutut sobat harus bisa menciptakan bibit sendiri jika inggin mengurangi pengeluaran.
Bagaimana dengan kuwalitas bibit buatan sendiri?
Untuk segi kuwalitas sobat bisa tentukan sendiri. Selain itu, sobat bisa menentuka n sendiri jenis apa yang ingin sobat budidayakan bahkan membuat jenis bibit baru, hebat bukan?
“Sebenarnya akan Lebih hebat lagi jika sobat mencoba membuatnya”
Untuk mengawali pembahasan cara membuat bibit cabe unggul ini pertama kali sobat bisa memulai dari memilih jenis bibit yang akan sobat budi dayakan seperti pilihan berikut:

1. Pilihan Bibit Lokal

Pilihan pertama sobat bisa melakukan pilihan pada bibit lokal  (bibit yang sudah biasa di budidayakan di daerah sobat masing-masing), biasanya bibit cabe jenis lokal memiliki keunggulan lebih adaptif dengan tempat budi daya sobat, dan tidak memerlukan penyesuaian dengan lahan pertanian sobat.

2. Pilihan Bibit Hibrida

Untuk pilihan yang kedua sobat juga bisa mengembangkan bibit dari hasil cabe Hibrida, akan tetapi bedasarkan pengalaman sobat yang pernah mengembangkanya, hasilnya tidak akan maksimal seperti awalnya, dan bibit tanaman cabe mudah terserang penyakit. 
Akan tetapi jika sobat ingin mengambil beberapa keunggulan yang ada pada bibit Hibrida seperti buah yang besar, lebat, tahan penyakit, sobat bisa melakukan perkawinan dan hasilnya akan menurunkan keunggulan yang ada pada bibit awal atau indukanya.

3. Bibit Hasil Perkawinan Silang

Pilihan ketiga adalah dengan melakukan perkawinan silang dari 2 jenis cabe yang berbeda, pilihan ini sangat menarik sobat biasanya akan menghasilkan jenis baru dengan sifat dan keunggulan yang baru pula jika osbat inggin mendapatkan keunggulan dari bibit tertentu misalkan bibit hibrida sobat bisa melakukan prkawinan silang dengan bibit lokal, berdaarkan pengalaman sobat yang pernah melakuninya hasilnya akan membawa sifat indukan yang ada pada 2 jenis bibit yang dikawinkan. Jika sobat ingin mencobanya Berikut cara melakukan perkawinan silang pada tanaman cabe:
-          Siapkan 2 jenis cabe yang akan kita lakukan perkawinan silang, sobat bisa melakukan penanaman secara bedekatan (missalkan dalam pot/polibag)
-          Setelah pohon cabe berbungga sobat bisa mengambil bungga yang sedang mekar pada pohon yang satu dan melengketkan benag sari/serbuk sarinya pada bungga pohon yang akan kita ambil sebagai bibit.
-          Lakukan secara rutin pada setiap bungga yang kembang.
Tips :
-          usahan tidak terlalu banyak pohon yang di kawinkan
-          untuk perkawinan silang antara cabe hibrida dan lokal maka buah yang di sipakan untuk bibit adalah buah dari pohon lokal.
-          untuk hasil maksimal lakukan 2 kali turunan perkawinan.
Itulah 3 pilihan jenis bibit yang bisa sobat kembangkan untuk dijadikan bibit, sekarang tinggal sobat yang menentukan mau membuat bibit jenis apa.
selanjutnya kita akan membagikan untuk sobat proses pembuatanya indukan untuk penghasil bibit cabe .

Membuat Indukan untuk penghasil Bibit Cabe    

1. pilihlah buah cabe dari pohon yang sehat dan bebas dari serangan jamur dan bakteri,

Tips  untuk warna buah merah terang, hindari mengunkan buah berwarna merah kekuningan atau buah yang masih mengkal/ belum matang 100%, gunakan buah yang lurus disebabkan salah satu ciri-ciri buah yang bebas penyakit, ambuilak buah pada petikan ke 4-8 karena pada saat ini buah cabe sedang baik kuwalitasnya dan jangan mengambil petikan pada akhir-akhir masa panen karena cenderung mengandung jamur dan bakteri 

2.  Buah cabe dipotong bagian ujung dan pangkal untuk menghindari biji yang kosong (hampa),

 Tips biji bisa di keluarkan dengan dibelah atau didiamkan agar kulitnya  membusuk, setelah biji di keluarkan dengan mengancurkan kulitnya,  biji bisa di jemur agar tidak rusak/jamuran

3. Lakukan Penyemain Di Tempat Yang Steril

Proses selajutnya adalah melakukan penyemaian di tempat yang steril. Hal ini perlu sobat lakukan karena salah satu penyebab utama tanaman cabe terserang hama dan penyakit adalah karena bawaan dari penyemaian terutama serangan jamur dan keriting seperti trips dan tungau.
Tips sobat bisa mengunakan pelindung dengan mengunakan plastik/mulsa, dan sobat bisa mengunkan jaring sebagai atap atau alternatif daun kering

4. Pengolahan Tanah Dengan Baik

Untuk proses pengolahan tanah penyemaian sobat bisa melakukan dan memberikan pupuk kandang,
Tips hindari pengunaan pupuk dan obat kimia dari awal hal ini menyebabkan tanaman kita memiliki kecenderungan yang kuat ketika telah dipindahkan dan menghasilkan bibit yang tidak baik terutama mengunakan pupuk kimia

5. Hidari pengunan pupuk dan obat kimia

Selanjutnya untuk menghasilkan bibit yang baik dan berkwalitas maka kita tidak boleh melakukan pemberian pupuk dan obat kimia pada tanaman yang akan kita ambil menjadi bibit ini.
Tips berikan pupuk kandang atau kompos jika memungkinkan sobat membuat pupuk alami akan lebih baik lagi

6. melakukan pembuatan bibit

 selanjutnya sobat bisa melakukan pembuatan bibit dengan melakuakan cara seperti langkah no 1 dan 2 di atas, selanjutnya sobat lakukan penyemaian dengan baik dan bernar
Tips: untuk penyemaian sobat sebaiknya sobat menghindari pengunaan pupuk dan obatan kimia dan sobat sebaiknya mengusahakan membuat pupuk dan pestisida alami, pengunaan pupuk dan obatan kimia menjadikan tanaman cabe kita mudah terserang penyakit, selain itu juga dapat merusak lingkungan
Dengan mengunakan pestisida alami hasil bibit cabe yang sobat hasilkan biasanya akan memiliki kwalitas yang baik, terutama terhadap serangan penyakit jenis jamur dan bakteri seperti farasium, layu bakteri, busuk batang, antraknosa dan lain sebagainya.
Demikian sobat cara membuat bibit cabe unggul sendiri semoga artikel ini bisa bermanfaat dan sobat bisa mencobanya di tempat sobat. Jangan lupa sobat tinggalkan komentar jika ada pertanyaan, atau sobat ingin berbagi pengalaman tentang cara membuat bibit cabe dengan menulisnya di kolom komentar di bawah (sesungguhnya berbagi itu indah sobat).
Terimakasih, dan selamat mencoba...!
                                                                                                                   Admin : duniakita.co.id

Post a Comment

0 Comments