layanan

Tips Untuk Menghindari Kegagalan Dalam Budi Daya Cabe Karena Anjloknya Harga

Selamat datang sobat semua di website duniakita.co.id pada artikel Budidaya Cabe kali ini kita akan memberikan Tips Untuk Menghindari Kegagalan Dalam Budi Daya Cabe Karena Anjloknya Harga. Sobat tani anjloknya harga cabe sangat mempengaruhi motivasi kita selaku petani cabe dalam melakukan budi daya cabe terutama bagi petani pemula. Berdasarkan data dilapangan bahwa hampir 70% dari petani cabe pemula di indonesia berhenti membudidayakan cabe setelah mendapatkan harga anjlok ketika panen dan ini adalah angka yang sangat besar bukan, tidak heran setelah harga anjlok biasanya harga cabe mengalami kenaikan secara drastis, salah satu penyebabnya karena banyak petani yang tidak ikut membudidayakan cabe lagi.
Tips Untuk Menghindari Kegagalan Dalam Budi Daya Cabe

Dari data dan dampak di atas untuk menjadi petani sukses dan bisa bertahan dalam budi daya cabe ketika harga mengalami anjlok sobat harus memiliki trik atau strategi untuk mengatasi masalah ini.
“bertarung tampa taktik adalah kekonjolan yang nyata dan perang tampa strategi sama saja dengan bunuh diri”
Begitulah kira-kira bunyi kutipannya sobat nah Berikut ini kita akan bagikan Tips Untuk Menghindari Kegagalan Dalam Budi Daya Cabe Karena Anjloknya Harga
1. Melakukan Penanaman Tidak Serentak
Triks pertama yang bisa sobat lakukan adalah melakukan penanaman yang tidak serentak, triks ini termasuk yang paling ampuh yang bisa sobat lakukan untuk mensiasati kegagalan karena anjloknya harga. Dengan malakukan penanaman yang tidak serentak sobat bisa bertahan ditenggah badai onjloknya harga cabe, karena pada saat harga anjlok kita masih memiliki persiapan atau amunisi yang akan kita perjuangkan seketika harga kembali naik. Dan biasanya harga tidak akan lama anjlok berdasarkan fakta dan realita selama ini bahwa harga cabe anjlok paling lama 3-4 bulan setelah itu kembali normal.
Sobat tani duniakita.co.id triks ini sudah terbukti dan banyak digunakan oleh sobat tani yang sukses menghadapi gejolak anjloknya harga. Triks ini bisa kita gunakan juga dengan cara tidak menanam serentak dengan petani pada umumnya atau membuat jarak rentan waktu pada tanaman kita dengan masa 2 sampai 3 bulan. Sobat bisa menanam setiap 2-3  bulan sekali sehingga sobat memiliki masa panen yang panjang bahkan setiap saat sobat berada pada masa panen.
Dalam hal ini biasanya petani melakukan musim tanam saat musim penghujan di saat itu para petani melakukan penanam serentak yang akan berpengaruh pada harga saat panen raya, dan sobat secara  tidak lansung bisa melakukan triks yang kedua.
2. Tetap Melakukan Penanaman Pada Musim Kemarau
Trik ini bukan hanya sebagai antisipasi kegagalan akan tetapi sobat berpeluang besar untuk sukses dan juga bisa membawa keberhasilan besar, biasanya harga akan melambung tinggi disaat usai musim kemarau dan sobat bisa meraup keuntungan. Akan tetapi pada musim kemarau sobat membutuhkan tenaga dan semangat ekstra dalam merawat tanaman cabe. disamping harus melakukan penyiraman/pengairan pada musim kemarau biasanya tanaman cabe sangat rawat terserang penyakit. Terutama penyakit keriting. Akan tetapi jika hasilnya setimpal bukan sebuah masalah besar sobat “proses tidak pernah mengkhianati hasil”, dan untuk mesiasati kesulitan ini sobat bisa mengurangi jumlah tanam agar bisa fokus pada perawatan.
            Nah sobat itulah 2 triks yang bisa sobat coba untuk mengatasi kegagalan dalam budi daya cabe karena anjloknya harga sebelum kita tutup artikel ini jangan lupa tips berikut sobat:
1. tetap menjaga motivasi dan semangat budi daya  sobat dalam situasi apapun, janganlah menyerah jika sobat belum mendapatkan harga tinggi saat ini. akan ada saatnya di lain kesempatan. Sangat banyak dari sobat petani yang mundur ketika mendapat ujian anjloknya harga padahal mereka sedikit lagi akan berada pada kesuksesan yang sesungguhnya.
2. jangan terbawa nafsu sobat, jika sobat mendapatkan harga tinggi sehingga ingin melakukan budidaya dalam jumlah yang lebih banyak lagi. Nafsu seringkali menjerumuskan dan telah banyak menengkelamkan saudara-saudara kita terdahulu.
3. tetaplah berikhtiyar dan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa karena semua ketatapan ada  di tangannya,  dan dengan kembali kepada Nya semua pasti baik-baik saja, dan itulah kesuksesan yang sesungguhnya.
            Baiklah sobat duniakita.co.id artikel tentang strategi  dan sedikit tips yang bisa sobat terapkan untuk mengatasi kegagalan dalam budi daya cabe karena anjloknya harga, jangan lupa sobat bisa berkomentar dan berbagi pengalaman untuk sobat petani diseluruh indonesia dengan menulisnya di kolom komentar di bawah artikel ini “Berbagi Itu Indah Sobat”.
Terimakasih Dan Selamat Mencoba...!

Post a Comment

0 Comments