layanan

Cara Membuat Mulsa Tanaman Sendiri


Selamat datang sobat duniakita.co.id pada kesempatan artikel “Pertanian Organik” kali ini kita akan membagikan Cara Membuat Mulsa Tanaman Sendiri. Sebelum kita mebahas cara membuat mlusa alami sendiri ada baiknya kita jelaskan sedikit tentang kegunaan dan manfaat mengunakan mulsa dalam budi daya tanaman.
Cara Membuat Mulsa Tanaman Sendiri

A. Sekilas Tentang Mulsa Tanaman

Mulsa adalah alat yang biasanya digunakan untuk budi daya tanaman holtikultura atau sayuran, mulsa biasanya terbuat dari plastik yang berwarna hitam dan perah. Ada beberapa keunggulan mengunakan mulsa dalam budi daya diantaranya:
  • -         Menjaga kelembaban tanah
  • -         Mencegah serangan hama dan penyakit
  • -  Memaksimalkan sinar matahari pada tanaman sehingga dapat mengoptimalkan proses potosentesis
  • -         Mencegah tumbuhnya gulma (tanaman pengangu).

Dari banyak kegunaan dan keunggulan mengunakan mulsa maka bagi sobat sangatlah menguntungkan. Dengan mengunakan mulsa sobat secara tidak lansung  telah melakukan penghematan baik dari segi Pupuk, Obat-obatan, Maupun Perawatan. Selain itu juga, dengan mengunakan mulsa sobat juga telah mengoptimalkan proses budi daya untuk hasil yang maksimal.
Banyaknya manfaat yang bisa sobat dapatkan dari mengunakan mulsa berbanding lurus dengan modal/biaya yang harus sobat keluarkan untuk mendapatkan mulsa, berdasarkan data di lapangan harga mulsa di toko alat-alat pertanian berkisar dari 600.000- 1 juta rupiah untuk ukuran 80 Centimeter x 800 Meter, Modal cukup lumayan besar untuk pengeluaran awal dalam sebuah Budidaya sayuran.
Dari data dan uraian di atas maka untuk mengefektifkan dan mengefisenkan kinerja dalam budi daya sobat bisa membuat mulsa sendiri dari bahan disekitar kita.

B. Bahan Membuatan Mulsa Sendiri

 Adapun bahan yang bisa sobat gunakan untuk membuat mulsa adalah sebagai berikut:

1. Mengunakan Jerami

Bahan pertama yang bisa sobat gunakan dalam mebuat mulsa adalah jerami padi, adapun cara membuatnya dengan mengumpulkan jerami bekas tanaman padi, selanjutnya bisa sobat letakan pada bedengan yang akan sobat tanami tanaman, dan sobat berikan jarak/ lobang untuk lobang tanam.

2. Mengunakan Daun Ilalang

Yang kedua yang bisa sobat gunakan untuk membuat mulsa sendiri adalah daun ilalang, untuk caranya hampir sama dengan bahan jerami padi yaitu: dengan meletakan kumpulan daun ilalang pada permukaan bedengan yang akan ditanami tanaman lalu diberi lobang/jarak untuk lobang tanam.

C. Keunggulan Mengunakan Mulsa Buatan Sendiri

-          Menghemat biaya produksi
Dengaan mengunkan mulsa buatan sendiri berarti sobat leah mengurangi biaya produksi, yang saat ini dalam dunia pertanian semakin besar terutama pupuk dan obat-obatan.

-          Mudah dalam melakukan penyiraman ketika musim kemarau

Keunggulan yang kedua adalah sobat mudah melakuakan penyiraman ketika musim kemarau. Karena bahan yang bisa di bongkar pasang.

-          Mudah di Bongkar

Selanjutnya keungulan mengunakan mulsa alami buatan sendiri ini sangat mudah dalam pembongkaran dan ramah lingkungan. Hasil mulsa yang sobat gunakan tidak menjadi perusak bahkan bisa lansung menjadikan penyubur lahan sobat kembali.

-          Lansung bisa menjadi pupuk/penyubur tanaman

Selanjutnya dengan mulsa yang sobat gunakan bisa lansung menjadi pupuk bagi tanaman sobat. Dikarenakan bahan bersifar organink maka seiring dengan perjalanan waktu pada masa petumbuhan tanaman sobat, secara berangsur-angsur bahan mulsa yang sobat gunakan membusuk dan menjadikan bahan penyubur bagi tanaman.
            Demikian sobat tani duniakita.co.id Cara Membuat Mulsa Alami Sendiri, serta manfaat dan keunggulanya Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat buat sobat semua. Jangan lupa sobat bisa menuliskan komentar jika ada yang ingin ditanyakan atau sobat ingin membagikan pengalaman tentang cara membuat mulsa tanaman, caranya dengan menuliskan nya di kolom komentar di bawah (Berbagi Itu Indah Sobat).
Terimakasih, Selamat Mencoba...!                                                         duniakita.co.id

Post a Comment

0 Comments