layanan

Cara Membuat Perekat Pestisida Alami

Selamat datang di website duniakita.co.id pada artikel “Pertanian Organik kali ini kita akan membagikan Cara Membuat Perekat Pestisida Alami
Perekat pestisida adalah bahan yang sering digunakan oleh petani untuk mendapatkan hasil yang maksimal ketika melakukan penyemprotan pestisida pada tanaman. Perekat bekerja untuk meratakan pestisida dan juga melengketkan pestisida pada bagian tanaman yang disemprot. Dengan mengunakan perekat, pestisida yang sobat semprotkan tidak mudah luntur ketika terkena hujan.
Cara Membuat Perekat Pestisida Alami
Ada banyak jenis perekat yang bisa sobat dapatkan di toko alat-alat pertanian dengan berbagai merek, semua perekat yang dijual tersebut memiliki indikasi dan fungsi yang hampir sama. Sobat duniakita.co.id pada pembahasan artikel ini kita tidak akan membahas produk maupun jenis produk perekat pestisida yang bisa sobat dapatkan di toko pertanian akan tetapi bagaimana cara sobat bisa Membuat Perekat Alami Buatan Sendiri.
Jenis perekat pestisida kimia yang sering di gunakan petani memiki efek negatif terhadap lingkungan, pengunaan perekat jenis kimia bisa merusak lingkungan dan organisme hayati yang ada di tanah maupun air, pada akhirnya tanah/ lahan pertanian yang sering kita Berikan zat kimia menjadi rusak dan tandus. Untuk itu sangat penting untuk sobat memulai mengunakan obat-batan yang alami. Disamping memberi efek negatif kepada tanah dan air pengunaan zat kimia pada media tanam Sobat juga memberi efek negatif pada tanaman yang sobat budi dayakan sepeti serangan penyakit pada tanaman, Akan Lebih Buruk Lagi Ketika Zat Kimia Terkonsumsi Oleh Manusia Lewat Makanan, Sayuran, Dan Buah-Buahan.
Mudah-mudahan dengan artikel ini bisa menjadi pilihan alternatif perekat pestisida dan sobat bisa membuat perekat alami yang ramah lingkungan. Berikut Penjelasan dan Cara Membuatnya:
Membuat Perekat Pestisida Alami
               A. Alat Dan Bahan Pestisida Alami
·      1 Buah Pengaduk Telur (Mixer/Blender)
·      1 Buah Telor Ayam/ Bebek/
·      1 Sendok Minyak Sayur
B. Cara Membuat Perekat Pestisida Alami
·    Masukkan 1 buah telor ayam dan satu sendok minyak goreng kedalam blender/wadah
·    Aduk/Blender sampai benar-benar tercampur (homogen)
·    Campurkan dengan larutan pestisida yang ada dalam tangki semprot sampai benar-benar tercampur.
·    Semprotkan pestisida secara merata ke semua permukaan tanaman.
Tip : 1 telur ayam/bebek dan datu sendok minyak sayur digunakan untuk 1 tangki ( 15-20 liter campuran pestisida) untuk membuat dalam jumlah banyak bahan bisa di tambahkan sesuai kebutuhan.2. selain dengan mengunakan telur ayam ssobat bisa juga mengunakan bahan lain yaitu dengan bengunakan Sunlight ( sabun cuci piring sebagai pengantinya)
Baca Cara Sukses Budi Daya Cabe Tampa Modal
     C. Keunggulan Pestisida Alami

              1. Ramah Lingkungan

     Dengan mengunakan perekat alami sobat telah melakukan upaya pertanian yang ramah lingkungan, tidak mengunakan bahan kimia yang bisa mencemari dan merusak lingkungan.

·                    2. Memiliki Indikasi Sebagai Pupuk Daun

        Ada banyak Kandungan yang terkandung di dalam telur ayam/bebek meliki indikasi sebagai pupuk daun atau bisa memberikan nutrisi bagi tanaman sobat. Adapun kandungan tersebut berupa unsur makro dan mikro. Jadi dengan mengunakan perekat alami ini secara tidak lansung sobat telah memberikan tambahan nutrisi kepada tanaman sobat.

·                  3. Memiliki Indikasi Insektisida

Selain memiliki indikasi sebagai pupuk perekat alami yang sobat buat dari telur ayam/ atau bebek bisa menjadi ekstisida terutama dalam menghancurkan/menghambat penetasan pada hama tanaman seperti ulat dan kutu-kutaun.
Demikian sobat duniakita.co.id artikel tetntang perekat pestisida alami buatan sendiri, mudah-mudahan artikel ini bermanfaat, sobat bisa mencoba membuat dan mengunakanya untuk alternatif pilihan perekat pestisida yang ramah lingkungan. Jika sobat memiliki pertanyaan atau ingin berbagi pengalaman tentang cara membuat perekat alami sobat bisa bagikan dengan menulis dikolom komentar di bawah artikel ini.
Terima kasih selamat mencoba....!
         https://www.duniakita.co.id

Post a Comment

0 Comments