layanan

Cara Sukses Budi Daya Cabe Tampa Modal

Selamat datang sobat semua di website duniakita.co.id pada artikel "budi daya" kali ini kita akan membahas Cara Sukses Budi Daya Cabe Tampa Modal. kita yakin bahwa sobat semua yang membaca artikel ini adalah petani cabe yang ingin sukses, seorang petani cabe pemula yang ingin mencoba keberuntungan dalam budi daya cabe, seoarang petani cabe profesional yang ingin meminimilisir modal dalam budi daya cabe, atau mungkin sobat sudah berulang kali mencoba budi daya cabe tapi belum mendapatkan kesuksesan, artikel ini akan menjadi salah satu refrensi yang tepat dan semoga dengan membaca arikel ini sampai selesai menjadi awal kesuksesan besar dalam budi daya cabe sobat untuk masa yang akan datang.
Budi daya cabe bukanlah sebuah perkara mudah yang bisa kita jalani dengan asal-asalan, budi daya cabe adalah sebuah tantangan tersendiri bagi yang melakuninya. Dalam budi daya cabe kita membutuhkan banyak pengetahuan dan pengalaman,
pengetahuan dan pengalaman itu tidak mesti harus kita dapat dari dunia kuliah, dan pengalamanpun tidak mesti kita dapatkan dari kegagalan yang mesti kita alami berkali-kali akan tetapi, bisa kita dapatkan dari membaca referensi-referensi yang meberi pengetahuan dan pengalaman tentang cara sukses budi daya cabe, maupun dari pengalaman orang-orang terdahulu”.
Dalam budi daya cabe kita membutuhkan waktu dan tenaga ekstra apalagi apabila kita tidak bisa mengakali budi daya cabe sebenarnya membutuhkan biaya dan modal yang sangat besar. berdasarkan data lapangan, dan pengalaman sobat tani yang membudidayakan cabe bahwa modal untuk 1 hektar tanaman cabe mencapai 30-50juta itupun hanya biaya pupuk dan obat-obatan saja angka yang sangat fantastis bukan, sobat bisa bayangkan ketika mengalami gagal panen atau harga anjlok.
Tapi kenapa artikel ini judulnya cara sukses budi daya cabe tampa modal ?
ya disinilah kita akan berbagi pengetahuan dan pengalaman buat sobat semua. sekarang kita harus mulai mempelajari dan menerapkan bagaimana meminimilisir bahkan bisa sukses budi daya cabe tampa modal.
apakah Memang bisa menanam cabe tampa modal?
Apasih yang tidak bisa kalau kita mau belajar dan berusaha, Mulailah dari niat yang kuat untuk belajar dan mencoba. Karena semua yang sekarang bisa dulunya tidak bisa, bahkan mustahil terjadi. contohnya saja internet dan handphon yang kita gunakan saat ini yang bisa menghubungkan kita, sobat bisa belajar, bahkan bertatap muka dari jarak jauh itu dulunya tidak bisa sekarang bukti telah berbicara.
 Bukankah Semua orang sukses dalam bidang apapun butuh modal?
Iya modalnya adalah keinginan dan kemauan yang kuat, semua orang lahir kedunia tidak bawa modal bahkan sehelai benang sekalipun. Dan kalaupun ada adalah modal orang tua yang sudah terlanjur kaya. akan tetapi sobat, banyak diantara orang yang terlahir dari orang tua kaya tidak sukses bahkan hanya menghabiskan harta orang tua nya saja, dan tidak sedikit orang yang terlahir dari keluarga miskin tapi bisa sukses “meraka adalah orang yang yakin dan berkeinginan yang kuat dalam berusaha dan mau belajar tidak berhenti mencoba”.
Nah baik sobat sebelum kita berbicara tentang cara sukses terlebih dulu kita membahas dan menganalisa masalah yang sering dihadapi petani cabe yang membawa kegagalan sehingga tidak bisa sukses. Karena dengan menganalisa masalah yang bisa membuat gagal maka kita akan berusaha mencari solusi dan antisipasi maupun jalan keluar sehingga rencana sobat bisa lebih akurat dan terukur. Hali ini sangat penting untuk meminimilisir kegagalan berikut penjelasanya:
Cara Sukses Budi Daya Cabe
1. Tingkat kesulitan
Budi daya cabe memiliki tingkat kesulitan yang tinggi, tanaman cabe memiliki banyak sekali hama dan penyakit yang sering mengangu, hama dan penyakit ini adalah faktor yang paling utama dan banyak membawa petani cabe mengalami kegagalan. Untuk itu sebelum memulai budi daya cabe sobat harus belajar jenis-jenis hama dan penyakit tanaman cabe dan bagaimana cara mengendalikan.
2. Kurang pemahaman tentang cara budi daya cabe
Masalah yang kedua yang sering membawa kegagalan dalam budi daya cabe adalah kurangnya pemahaman dalam budi daya cabe. dalam budi daya cabe ada beberapa hal pokok yang harus dipahami seperti daya tumbuh, jenis dan bibit yang kita gunakan, tingkat keasaman tanah, sistim pemupukan, perawatan, waktu tanam, pengairan, dan pemanenan. Nah untuk mengantisipasi masalah ini sobat mesti banyak belajar dengan membaca dan mendengar pengalaman sobat yang telah melakuninya lebih dulu.
3. Rugi Karena Harga Anjlok
Harga anjlok termasuk masalah yang paling sering membuat petani cabe mengalami kegagalan bahkan gulung tikar. tidak sedikit petani yang tidak mau lagi budi daya cabe karena harus memulai dari nol kembali setelah mendapat harga murah. Untuk mengatasi masalah ini sobat harus bisa membuat sebuah strategi untuk menangulangi masalah ini sebelum terlanjur melakukan budidaya
4. Kurang Disiplin Dalam Merawat Tanaman Cabe
Disiplin adalah faktor utama yang membawa keberhasilan atau kesuksesan dalam bidang apapun. sama halnya dalam budidaya tanaman cabe. dalam budi daya cabe terutama pada masa perawatan sangat membutuhkan kedisiplinan mulai dari pemupukan (pengecoran), pemberantasan hama, perapelan dan penyiangan, semua kegiatan itu harus dilakuakan dengan disiplin. Banyak di antara sobat tani terutama pemula maupun yang sudah lama menekuni budidaya cabe tapi masih kurang disiplin terutama dalam perawatan dan pemupukan.
 Hal ini sangat merugikan karena dapat mengurangi bahkan salah satu faktor penting yang telah banyak diabaikan oleh petani sehingga membawa kegagalan. Nah jika sobat adalah orang yang sudah disiplin pertahankanlah dan kalupun bisa lebih baik ditingkatkan. akan tepai, jika sobat adalah orang kurang disiplin dalam merawat tanaman cabe sobat harus memulai disiplin dari sekarang jika sobat ingin berhasil dan sukses.
5. Modal Besar Obat-Obatan Dan Pupuk Mahal
Faktor berikut adalah besarnya modal karena harga obat-obatan dan pupuk serba mahal sehingga petani cabe sering kehabisan modal ditengah perjalanan dan akhirnya tanaman cabe menjadi tidak terawat secara maksimal, dan akhirnya mengalami kegagalan. Untuk mengatasi hal ini bisa dimulai dengan mengunakan pestisida/obat-obatan yang tepat dan sesuai dengan sasaranya, karena tidak sedikit dari petani khususnya petani cabe yang mengunakan pestisida yang tidak sesuai dengan sasaranya, sehingga mengunakan begitu banyak pestisida yang memiliki indikasi yang sama dan secara otomatis selain membawa efek buruk pada tanaman juga menjadikan modal semakin besar.
Selain obat-obatan faktor pemupukan juga sangan mempengaruhi besarnya modal yang harus kita keluarkan dalam budi daya cabe. untuk mengatasi masalah ini bisa sobat lakukan dengan memberikan pupuk yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan tanaman cabe sobat. Karena pemberian pupuk pada tanaman cabe seharusnya mengalami perubahan ketika fase vegetatif dan fase generatif sehingga, sobat tidak harus menambah jumlah dosis pupuk yang sobat gunakan melaikan kadar/unsur pupuk yang mesti harus sobat perhatikan dan semsetinya harus mengalami perubahan. Tidak sedikit dari petani cabe yang mengalami kegagalan dalam budi daya cabe karena kesalahan pemupukan.
Nah sobat itulah 5 masalah yang sering membawa kegagalan bagi petani cabe mudahaan pembahasan di atas akan menjadi pertimbanga  dan salah satu solusi dalam  mngantisipasi agar kita terhidar dari kegagalan. Sobat bisa mendalami masalah tersebut dengan membaca artikel terkait pada link yang tersedia pada setiap pembahasan di atas.
Baiklah sobat, sekarang kita akan membahas lebih jauh dan dalam lagi bagaimana sih cara agar lebih sedikit modal bahkan tampa modal dalam  budi daya cabe,berikut penjelasanya:
Tips Dan Kiat Sukses Budidaya Cabe Tampa Modal
ada beberapa tips yang bisa sobat lakukan dalam budi daya cabe setidaknya menghapus sebagian besar modal yang semestinya sobat keluarkan dalam budi daya cabe:
1. Gunakan Bibit Cabe Buatan Sendiri
Untuk tips yang pertama adalah dengan membuat bibit cabe sendiri. Sobat mungkin sudah tahu bahwa harga bibit terutama bibit hibrida (unggul) sangatlah mahal. untuk 2000 butir harganya bahkan bisa mencapai 200-300 ribu rupiah, dan untuk 1 hektar tanaman cabe setidaknya kita membutuhkanlebih kurang 20 saset dengan isi 2000 dan daya tumbuh 90% jadi kita baru saja mengeluarkan modal 20x300.000= 6.000.000 rupiah hanya untuk bibit saja. Tapi seandainya kita bisa membuat bibit sendiri kita bisa menghapus modal yang 6 juta tersebut.
Memang bisa bikin bibit sendiri?
Iya bisa pastinya karena bibit yang dijual itu juga di buat manusia tapi cuman ada label perusahaanya saja, kalau kita mau belajar pasti bisa.
Apakah hasilnya sama dengan bibit hibrida (bibit unggul)?
Untuk hasilnya sama bahkan bisa lebih jika dilakukan dengan cara yang baik dan benar. Karena pada label bibit biasanya ada kode F1, F2,dan seterusnya. Sobat harus tahu itu kode turunannya, F adalah singkatan dari Fillial jadi semakin banyak diturunkan makan semakin tidak maksimal hasilnya kita hanya bisa mengunakan atau menanam dari turunan  F1 untuk hasil yang maksimal karena turunan berikutnya F2,F3, akan semakin tidak efektif.
Jika sobat mau belajar dan mencoba bagaimana cara membuat bibit  cabe sendiri semua pasti akan lebih baik dan efektif dengan memngunakan bibit sendiri pastinya telah menghapus modal yang semestinya sobat keluarkan.
2. Gunakan Mulsa Efektif Buatan Sendiri
Untuk tips yang kedua sobat bisa mengunakan mulsa buatan sendiri. Mulsa biasanya digunakan dengan multi fungsi salah satunya adalah untuk mencegah gulma/tanaman pengangu, mengatur kelembaban tanah, dan serangan hama penyakit. Akan tetapi sobat untuk memiliki mulsa juga harus mengeluarkan modal yang tidak sedikit harga mulsa untuk 1 hektar cabe berkisar 4-5 juta rupiah.
Jika sobat bisa mengakali membuat mulsa efektif sendiri tentunya modal yang 4-5 juta ini bisa tidak dikeluarakan. lebih menariknya mulsa buatan sendiri memiliki keungulan tersendiri dari mulsa yang di jual dipasaran.
3. Gunakan Pestisida Alami  Buatan Sendiri
Untuk tips yang ketiga adalah dengan mengunakan pestisida alami buatan sendiri. Pestisida adalah obat yang kita gunakan untuk mencegah dan mengobati tanaman kita dari serangan hama dan penyakit. Pestisida memiliki banyak jenis dan fungsi sesuai dengan sasarannya, selain itu pestisida juga memiliki 2 sistim kerja yaitu kontak dan sistemik.
Berdasarkan data di lapangan dan informasi dari pengalaman pestisida adalah sumber utama yang memerlukan modal paling besar. Untuk 1 hektar tanaman cabe sobat bisa mengeluarkan modal normalnya sebesar 15-20 juta jika terjadi cuaca buruk maka modal akan semakin bertambah lagi. Akan tetapi jika kita bisa membuat pestisida alami buatan sendiri modal yang sekian besar tersebut juga sobat tidak usah mengeluarkanya, pestisida alami disamping ekonomis juga memiliki keunggulan dan ramah lingkungan jadi kita secara tidak lansung juga telah menjaga lingkungan, hebat bukan sobat? Untuk membuat pestisida alami kita bisa mengunakan bahan-bahan disekitar kita yang sangat mudah kita temukan.
Adapun semua jenis pestisida mulai dari ekstisida fungisida herbisida bisa sobat bikin sendiri dari bahan alami.
4. Gunakan Pupuk Alami Buatan Sendiri
Tips yang keempat adalah mengunakan pupuk alami buatan sendiri. Pupuk adalah faktor utama yang sangat menentukan keberhasilan dalam budi daya cabe, ada 2 jenis pupuk yang sering digunakan yaitu pupuk cair dan pupuk padat dan biasanya untuk pupuk cair diaplikasikan dengan disemprotkan sedangkan pupuk padat diaplikasikan dengan di tabur/dikecor.
Untuk modal yang harus sobat keluarkan untuk biaya pupuk juga tidak sedikit berdasarkan data lapangan dan pengalaman untuk 1 hektar tanaman cabe membutuhkan lebih kurang 3 -4 ton pupuk padat dan 20 liter pupuk cair jika di kalkulasikan dengan uang sekitar 20 -30juta angka yang tidak sedikit sobat.
Jika sobat bisa mensiasati dengan membuat pupuk sendiri semua modal yang harus dikeluarkan diatas bisa di minimalisir lebih dari 70% dan ini sudah sangat menguntungkan. Dan untuk pupuk cair juga bisa sobat buat sendiri dengan mengunkan bahan-bahan sederhana yang ada disekitar kita dan tentunya dengan harga jauh lebih murah dan sebagian bisa didapatkan dengan Cuma-Cuma
Apakah hasilnya bakalan sama dengan pupuk kimia?
Jika di gunakan dan dibuat dengan proses yang benar hasilnya lebih baik dari pupuk kimia karena pupuk alami bersifat adaptif terhadap lingkungan dan tidak memiliki efek samping, sedangkan pupuk kimia bisa merusak tanah dan mendorong serangan penyakit pada tanaman.
baiklah sobat duniakita.co.id  demikianlah 4 tips yang bisa sobat coba untuk meminimilisir modal yang harus sobat keluarkan lebih dari 80%. Sobat bisa mendalami tips  pada artikel ini  lebih jauh dengan membaca artikel terkait dengan mengkilik link yang kita tautkan di dalam artikel diatas.
Bagaimana sobat duniakita.co.id mulai sekarang berhentilah untuk menyatakan sesuatu tidak mungkin, susah, dan menghabiskan waktu, sekarang silahkan sobat praktekan dan jangan lupa untuk selau berbagi pengalaman karena dengan berbagilah kita menjadi lebih paham dan lebih hebat lagi . Jika sobat ada pertanyaan  atau ingin berbagi pengalaman dalam budi daya cabe silahkan tulis di kolom komentar.
 Semoga bermanfaat, dan selamat mencoba...!

Post a Comment

1 Comments

  1. bersihkan sayur dari pestisida? go check : http://fk.unair.ac.id/archives/2011/01/03/tip-bersihkan-sayuran-dari-pestisida.html

    ReplyDelete

mohon memberi masukan dan komentar untuk sarana komunikasi