layanan

Cara Membuat Bibit Kentang Dari Buah Biji


Selamat datang di website duniakita.co.id pada kesempatan arikel “Budi Daya Kentang” kali ini kita akan membahas Cara Membuat Bibit Kentang Dari Buah Biji
Sahabat dunia kita mungkin sudah tahu atau mengenal tentang buah biji kentang atau mungkin pernah melihatnya?
Ternyata buah biji kentang yang merupakan hasil penyerbukan serbuk sari pada tanaman kentang menghasilkan buah dengan kandungan biji didalamnya yang bisa di olah menjadi bibit, dan informasi menariknya lagi adalah bibit yang dihasilkan adalah bibit dengan kwalitas tinggi.
Cara Membuat Bibit Kentang Dari Buah Biji
Buah biji kentang apabila di kembangkan menjadi bibit akan menghasilkan bibit Generasi awal (G0), Generasi ini merupakan bibit awal yang harus kita kembangkan sampai Generasi ke 3 (G3), pada Generasi ke 3 ini bibit sudah siap di budidayakan pada lahan pertanian sobat tani. Untuk Estimasi hasil yang bisa sobat dapatkan dari bibit unggul ini bisa mencapai perbandingan 1:30, ini adalah angka yang tidak kecil, dengan bibit 100 kg sobat berkemungkinan menghasilkan 3 ton kentang.

A. Macam-Macam Cara Pembuatan Bibit Kentang

Sebelum Berbicara Lebih Jauh Tentang Cara Pembuatan Bibit Dengan Buah Biji, Terlebih Dulu Kita Akan Membagikan 3 Cara Yang Bisa Sobat Gunakan Dalam Membuat Bibit budi daya Kentang

1.      Dengan Mengunakan Umbi/Isi Kentang

Cara pertama yang bisa sobat gunakan untuk membuat bibit tanaman kentang adalah dengan mengunakan umbi/isi kentang, cara ini termasuk cara yang umum dan paling banyak digunakan oleh petani dalam meyiapkan bibit budi daya kentang. Cara membuat bibit tanaman kentang dengan mengunakan umbi ini termasuk cara paling sederhana dan mudah dilakukan.
Jika sobat ingin mengetahui proses pembuatan bibit tanaman kentang dengan umbi/isi ini sobat bisa baca pada artikel Cara Membuat Bibit Kentang Sendiri Dengan Mengunakan Umbi/Isi

2.      Dengan Mengunakan Penunasan

Selanjutnya cara kedua yang bisa sobat gunakan dalam mempersiapkan bibit  tanaman kentang adalah dengan cara penunasan, cara ini masih sangat sedikit digunakan oleh petani kentang terutama di Indonesia, cara ini tergolong rumit dan sulit untuk menghasilkan hasil yang maksimal. Tingkat keberhasilan bibit dapat tumbuh dan berkembang sampai panen berkisar antara 50-70 persen.

3.      Dengan Mengunakan Buah Biji

Selanjutnya cara ketiga dan sekaligus menjadi pembahasan lebih dalam pada artikel kita ini adalah Cara Membuat Bibit Kentang Dengan Mengunakan Buah Biji pembuatan bibit  tanaman kentang dengan mengunakan biji/buah kentang ini masih tergolong sangat sedikit dilakukan atau dikembangkan di Indonesia, kendatipun demikian ada sebagian dari petani yang sudah mulai mencoba dan mengembangkan cara ini, dan hasilnya berdasarkan informasi yang kita dapat sangat memuaskan.
Bibit yang dihasilkan dari buah/biji ini dapat Menigkatkan Hasil Produksi Panen Sampai 300 Persen dari biasanya. Selain itu juga menghasilkan bibit dengan daya tahan yang baik akan serangan penyakit. Berikut beberapa keunggulan yang bisa sobat dapatkan dari bibit tanaman kentang dari hasil buah/biji.

B. Keunggulan Membuat Bibit Kentang Dengan Buah Biji Kentang

      Bibit tanaman kentang yang dihasilkan dari biji dan buah memiliki kenuggulan yang memang sangat diingginkan oleh petani kentang, karena dapat menjawab tantangan yang sering membawa kegagalan dalam budi daya kentang berikut penjelasanya:

1. Daya Tumbuh Mencapai 99 Persen

Keunggulan pertama yang bisa sobat dapatkan dari hasil bibit buah dan biji adalah daya tumbuh bibit yang sangat baik mencapai 99 persen. Daya tumbuh merupakan faktor penting yang menjadi pertimbangan dalam budi daya kentang oleh para petani.
Pada generasi ke 3 (G3) hasil bibit buah dan biji ini daya tumbuhnya sangat baik begitupun untuk 2 generasi perkembangan berikutnya yang masih tergolong baik untuk dijadikan bibit dari hasil umbi/isi kentang.

2. Hasil Panen Yang Melimpah

Keunggulan berikutnya adalah hasil panen yang melimpah,  hasil panen kentang bisa mencapai perbandingan 1:30 adalah angka yang tidak kecil. Dan bibit hasil buah/biji kentang bisa mewujudkanya.
Daya perkembangan generatif pada tanaman kentang dari hasil bibit ini sangat baik dan umumnya untuk ukuran jumlah sangat banyak mencapai 50-70 biji perbatang, namun untuk pembesaranya sobat bisa membatu dengan memberikan Pupuk Perkembangan Untuk Pembesaran Isi dan Umbi

3. Tahan Serangan Penyakit (Jamur Dan Bakteri)

Selanjutnya keungulan ketiga yang bisa sobat tani dapatkan dari bibit tanaman kentang yang dihasilkan dari buah/biji ini adalah daya tahan tanaman terhadap serangan penyakit terutama serangan jamur dan bakteri.
Serangan jamur dan bakteri merupakan musuh dan penyakit utama pada tanaman kentang yang mesti harus sobat kendalikan dari masa pembibitan, dengan bibit hasil biji/buah ini merupakan langkah awal yang baik dalam menangulani masalah ini.

4. Hasil Panen Masih Bisa Digunkan Untuk Bibit Berkwalitas

Selanjutnya keungulan yang bisa sobat dapatkan dari bibit ini adalah masih berkaitan dengan bibit yaitu hasil panen dari generasi ke 3 yang sobat budi dayakan masih memiliki kwalitas yang baik untuk dibudidayakan untuk 2-3 turunan berikutnya.
Masalah bibit yang sering menjadi kendala oleh petani kentang karena harga yang mahal dan kwalitas yang tidak baik, dengan hasil panen dari bibit ini sobat masih bisa melakukan budi daya untuk hasil yang masih sangat baik.
Itulah sobat tani duniakita.co.id beberapa keunggulan yang nantinya bisa sobat dapatkan dari bibit tanaman kentang yang sobat buat dari buah biji kentang, yang tentunya sobat buat dan kembangkan sendiri. Jika sobat ingin mencoba mengembangkanya berikut proses pembuatan dan penjelasanya:

C. Proses Pembuatan Bibit Kentang Dengan Buah Biji

§  Persiapan bibit/ buah biji kentang
BUNGA DAN BUAH KENTANG

Untuk mengawali pembautan bibit tumbuhan kentang dengan buah biji ini sobat harus mempersiapkan buah/biji kentang dengan baik berikut kriterianya:
-          Memiliki kematangan yang baik pada umur kentang 120 hari keatas, warna buah sudah kuning dan biji berwarna kecoklatan.
-          Di ambil dari pohon yang sehat bebas dari serangan hama dan penyakit terutama jamur dan bakteri.
-          Biji kentang dikeluarkan dari buah dan di jemur agar kering.
Catatan : Jemur pada area tertutup agar tidak tertiup angin karena ukuran biji kentang yang sangat kecil

§  Persiapan lahan pembibitan

Setelah biji kentang siap sobat menyiapkan lahan pembibitan/penyemaian dengan kriteria:
-          Persipkan lahan dengan mempertimbangkan kemudahan perawatan, jauh dari hama dan penyakit bebas dari trik matahari lansung (bisa gunakan media yang bisa dipindahkan, atau bisa gunakan penutup dari panet/ jaring agar panas matahari tidak lansung)
-          Gunakan pupuk kompos/pupuk kandang yang sudah  dipermentasikan dan dicampur pada media tanam
-          Gunakan pestisida alami untuk perkembangan dan serangan hama penyakit jika sangat memungkinkan.

§  Proses penanaman  biji kentang

Langkah/proses paling penting dalam melakukan pembibitan dengan biji/buah kentang ini adalah cara penanaman biji ke media tanah, karena kesalahan yang dilakukan dapatmerugikan dan mengagalkan bibit untuk tumbuh.
-          Pertama campurkan biji kentang dengan tanah dengan perbanding 1:3 sampai 5 guna agar bibit merata pada media tanam
-          Taburkan pada media tanam secara merata
-          Lakukan penyiraman dengan spray semprot agar tanah basah (bisa ditambahkan pestisida untuk semut)
-          Dalam waktu 10-15 hari biasanya tanaman bibit sudah tumbuh dan bisa di pindahkan jika sudah berumur 20-25 hari jika terlalu rapat.
Catatan : tanaman kentang yang tumbuh dari hasil biji ukuran kecil dengan tinggi 5-10 cm dan umbi/isi yang dihasilkan juga sangat kecil dengan diameter 0,7-1,5 cm
-          Hasil yang di dapatkjan dari biji merupakan generasi awal (G0) yang perlu sobat kembangkan ke G1,G2,selanjutnya ke G3 yang siap untuk dibudidayakan.
Catatan: untuk langkah/proses pembuatan bibit G1,G2,G3, sobat  gunakan bukan lagi biji akan tetapi umbi/isi ketang

§  Perawatan tanaman kentang bakal bibit

Untuk perawatan tanaman kentang bakal bibit kita ini bisa dilakukan dengan memperhatikan dari serangan hama dan penyakit dan sangat disarankan jika memungkinkan mengunakan pestisida dan pupuk organik/alami

§  Proses panen bibit kentang

Selanjutnya proses yang harus diperhatikan adalah masa panen bakal bibit kentang, terutama waktu/masa panen bibit karena bibir yang masih muda sangat tidak baik. untuk panen bibit tanaman kentang dapat sobat lakukan pada usia 120-150 hari

§  Pemeliharaan dan penyimpanan

Langkah/proses terakhir yang harus sobat perhatikan adalah penyimpanan dan pemiliharaan bibit kentang. Tidak sedikit dari sobat tani yang tidak melakukan proses pemiliharaan dan penyimpanan bibit tanaman kentang paska panen dengan baik padahal bibit yang dihasilkan sangat berkwalitas, pada alkhirnya menjadi rusak dan tidak menghasilkan secara maksimal.
Untuk proses penyimpanan dan pemiliharaan bibit sobat bisa memperhatikan kriteria sebagai berikut:
-          Sirkulasi udara (simpan pada tempat teduh terhindar dari trik matahari lansung, akantetapi harus memiliki sirkulasi udara yang baik agar bibit kentang sobat tidak rusak/busuk)
-          Gunakan kotak yang terbut dari kayu/plastik yang memiliki ruang udara keluar dan masuk.
-          Berikan fungisida untuk mencegah serangan jamur dan bakteri dengan mengoleskan/menaburkanya pada bibit.
-          Seringlah mengontrol bibit kentang jika belum di budidayakan, jika terdapat bagian yang busuk/rusak cepat dibuang atau disingkirkan agar tidak menular kepada yang lain.
Demikian sobat duniakita.co.id artikel tentang cara membuat bibit kentang dengan mengunakan buah biji kentang, semoga bermanfaat selamat mencoba...!

Post a Comment

0 Comments