layanan

Cara Membuat M4 Dari Bahan Sederhana


Selamat datang Sobat di website duniakita.co.id pada artikel Pertanian Organik kali ini kita akan membagikan Cara Membuat  M4 Dari Bahan Sederhana
Mikroorganisme adalah bakteri baik yang biasa digunakan sebagai pengurai pada saat pembuatan pupuk organik atau bahan permentasi pembuatan pupuk kompos dan pupuk kandang. Mikroorganisme yang sering digunakan oleh petani dalam proses permentasi pupuk organik seperti M4 dan jenis lainya, Ternyata bisa diciptakan sendiri dari bahan sederhana di sekitar kita dan info baikya lagi bisa didapatkan secara Cuma-Cuma alias Gratis.

A. Sekilas Tentang  M4  Mikroorganisme

Cara Membuat  Mikroorganisme Untuk Pupuk Organik
Ilustrasi Mikroorganisme

Secara sekilas dari segi bahasa sudah terbayang oleh kita bahawa “Mikro” memiliki arti kecil swdangka “Organisme” memiliki arti hidup/makhluk hidup, sehingga Mikroorganisme adalah makluk hidup yang berukuran kecil dan tidak kasat mata.
Dalam hal ini pembahasan berkaitan dengan organisme kecil yang memiliki manfaat yang bisa digunakan oleh manusia dalam dunia pertanian dan peternakan seperti pengurai, meningkatkan PH tanah, menyuburkan, serta menetralkan media air sebagai tempat hidup ikan, Walaupun sebenarnya ada begitu banyak manfaat yang bisa didapat dari hewan mikro yang sering di sebut senyawa ini. dari dunia Makanan, Perternakan, sampai kepada senjata Bioteknologi yang tentu tidak akan menjadi topik pembahasan kita dalam artikel Cara Membuat  M4 Dari Bahan Sederhana kali ini.
Informasi penting yang perlu sobat ketahui bahwa mikroorganisme seperti M4 dan jenis lainya yang sering digunakan oleh petani dan peternak adalah senyawa yang dibuat dari bahan alami dan ada disekitar kita. Adapun bahan utamanya adalah buah-buahan, kotoran ternak, dan gula (Glukosa).

B. Sekilas Cara Kerja  M4  Dalam Pembuatan Pupuk Organik

Selanjutnya sebelum kita bahas cara pembuatan senyawa alami ini, baiknya kita jelaskan sedikit sistim kerja dari senyawa alami ini dalam dunia pertanian dan peternakan.
Senyawa alami ini adalah merupakan senyawa hidup yang bisa mengurai bahan alami tertentu untuk bermanfaat bagi tanaman, sistim kerja  berupa berkembangbiak, dari jumlah yang sedikit apabila kita masukan kedalam media tertentu seperti pupuk, senyawa ini berkembang dan menjadi banyak.
Dalam pembuatan pupuk organik baik cair maupun padat senyawa alami ini sangat menguntungkan begitupun dalam menetralkan media air untuk perikanan. Selain pupuk hasil buatan bahan organik, lahan pertanian yang kita tabur pupuk juga akan menjadi subur dan memiliki PH yang normal bagi tanaman.

C. Keuntungan Mengunakan M4 Buatan Sediri

Sahabat duniakita.co.id dengan membuat senyawa alami (M4) sendiri tentu memiliki keuntungan tersendiri bagi sahabat dalam bertani dan beternak berikut beberapa keuntungan yang bisa sobat dapatkan dari mengunakan senyawa alami buatan sendiri:
1. Mudah dan Murah
Proses pembuatan yang tidak sulit merupakan keuntungan bagi sahabat. Selain itu juga, bahan yang kita butuhkan tergolong sangat murah dan bisa kita dapatkan dengan Cuma-Cuma (Gratis)
2. Menumbuhkan Pemahaman Baru
Dengan membuat sendiri tentunya akan menjadikan pengalaman yang menumbuhkan wawasan baru serta bisa tidak menutup kemungkinan untuk dikembangkan.
3. Mengurangi Biaya Produksi
Biaya produksi dalam dunia pertanian dan perternakan yang tidak sedikit, dengan membuat sendiri kebutuhan pokok secara otomatis telah mengurangi biaya produksi yang harus sobat keluarkan.
Nah sobat tani jika sobat tertarik dan ingin mencoba membuat senyawa alami untuk kebutuhan pertanian dan perternakan sobat, Berikut beberapa cara yang bisa sobat praktek kan untuk membuat mikroorganisme sendiri.

D. Bahan Dan Proses Pembuatan Mikro Organisme Untuk Pupuk Organik

     1.      Cara Membuat  ( M4 )Mikroorganisme  untuk pupuk organik Dari Perasan Becek

Cara pertama  yang bisa sobat lakukan adalah dengan mengunakan kotoran hewan yang masih berada dalam usus atau sering disebut becek. dengan menambahkan beberapa bahan tertentu perasan becek ini bisa digunakan untuk menghasilkan bakteri baik untuk pembuatan pupuk. berikut bahan dan proses pembuatanya.
Bahan
1)   perasan becek (kotoran kambing, biri-biri, sapi, kerbau dan jenis hewan lainya  yang masih ada di dalam usus dan belum berbentuk kotoran) sebanyak lebih kurang 10 liter
2)   Terasi 2,5 kg
3)   Katul/Bekatul (sekam halus bekas pengilingan padi) lebih kurang 5 kg
4)   Buah-buahan matang secukupnya
5)   ½ kg gula merah/gula pasir/tetes tebu (gunakan salah satunya untuk penganti buah-buahan jika tidak ada)
Proses Pembuatan
1)   Siapkan Kotoran kambing ,Sapi, kerbau yang sudah dikeluarkan dari dalam usus
2)   Campurlah kotoran yang sedikit keras dan yang cair
3)   Jika masih terlalu keras bisa ditambahkan sedikit air
4)   Aduk secara merata dan lakukan pemerasan dengan mengunakan kain halus dan masukan kedalam wadah yang sebelumnya telah disediakan (ember/baskom).
5)   Panaskanair sebanyak 10 liter di dalam panci besar hingga mendidih.
6)   Masukan terasi yang sudah dihaluskan sambil diaduk-aduk, selanjutnya masukan juga katul secara perlahan-lahan lalu dinginkan.
7)   Masukan sari buah-buahan matang seperti nanas, mangga, pisang, pepaya dansebagainya, yang sebelumya telah diparut dan diperas untuk diambil sari buahnya.
8)   Masukan sari buah-buahan ke dalam adonan terasi dan bekatul, kemudian masukan juga 10 liter air perasan kotoran dan aduk hingga merata.
9)   Tutup Dan Simpan  adonan di tempat yang tidak terkena cahaya matahari langsung selama satu minggu.
10)              Senyawa alami dari becek siap digunakan.
Demikianlah bahan dan cara pembuatan bakteri baik untuk pupuk organik dan perternakan yang bisa sobat coba dengan mengunakan bahan dari becek. Selanjutnya sobat juga bisa mencoba dengan cara yang kedua
Baca Tips Menanam Bawang Merah di Semua Musim

      2.      Cara pembuatan ( M4 )mikroorganisme untuk pupuk organik dari sari buah-buahan

Cara kedua yang bisa sobat gunakan adalah dengan mengunakan sari buah-buahan dengan campuran air nira. Berikut bahan dan proses pembuatanya:
Bahan
        1)      Buah-buahan matang untuk diambil sarinya
     2)      Air nira kelapa atau aren jika tidak ada dapat diganti dengan mengunakan gula pasir yang dicairkan.
Proses pembuatan
      1)      Buah-buahan yang masak dihaluskan dengan di tumbuk atau diparut, kemudian diperas dan disaring dengan mengunkan kain untuk diambil sari buahnya
       2)      Selanjutnya air perasan  dari sari buah dicampur dengan air nira/aren dengan perbandingan 1:1 kedalam wadah ember /baskom
        3)      Tutup dan simpan adonan pada tempat yang tidak terkena cahaya matahari selama satu minggu
        4)      Bahan siap digunakan sebagai bakteri pembuatan pupuk organik, kompos,pupuk kandang.
Itulah cara kedua yang bisa sobat coba dalam membuat Senyawa Alami untuk pembuatan pupuk organik. Selanjutnya sobat juga bisa mencoba mengunakan cara ketiga

        3.      Cara pembuatan  M4  dari air cucian beras

Cara berikutnya yang bisa sobat gunakan dalam membuat bakteri baik adalah dari bahan cucian beras dan beberapa bahan campuran. Berikut bahan dan proses peembuatanya.
Bahan
1.    Air bekas cucian beras 1 liter
2.    Mikroorganisme buatan sendiri sebanyak 10 sendok makan.
3.    Alkohol 40% bisa digantikan dengan air tape sebanyak 10 sendok makan.
4.    Air cuka 10 sendok makan
5.    Air gula pasir 1 ons
Proses pembuatan
1.    Semua bahan di atas  dicampur kedalam satu wadah dan di aduk agar merata.
2.    Selanjutnya disimpan dan di tutup selama 2 minggu dan tidak terkena sinar matahari lansung.
3.   senyawa alami siap untuk digunakan sebagai bahan pembuatan pupuk maupun penetral air untuk peternakan.
Demikian sobat duniakita.co.id Cara Membuat  M4 Dari Bahan Sederhana. semoga bermanfaat dan selamat mencoba...!

“Salam Sukses Bertani”

Post a Comment

0 Comments